ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENURUT COONEY PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

Penulis

  • Teni Andriani Universitas Siliwangi
  • Supratman Supratman Universitas Siliwangi
  • Puji Lestari Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.7621

Kata Kunci:

Mathematical Anxiety, Learning Difficulties, Algebra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan belajar menurut Cooney pada materi bentuk aljabar ditinjau dari kecemasan matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terpilih sebanyak 5 (lima) yang memenuhi kriteria sesuai dengan tujuan penelitian dari 57 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peserta didik mengalami kecemasan matematis yang berbeda ketika mengerjakan soal matematika pada setiap aspek Somatic, aspek cognitive, aspek Attitude dan Aspek mathematical Knowledge. Peserta didik dengan tingkat kecemasan matematis yang berbeda mempunyai kesulitan belajar yang berbeda pula. Peserta didik dengan tingkat kecemasan sangat tinggi dan tingkat kecemasan tinggi mengalami kesulitan di tiap indikator kesulitan. Peserta didik dengan tingkat kecemasan sedang tidak mengalami kesulitan dalam penggunaan konsep, tetapi kesulitan dalam penggunaan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal. Peserta didik dengan tingkat kecemasan rendah tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep dan menyelesaikan masalah verbal tetapi terkadang mengalami kesulitan dalam menggunakan prinsip. Peserta didik dengan tingkat kecemasan sangat rendah tidak mengalami kesulitan tiap indikator. Faktor-faktor penyebab kecemasan matematis serta kesulitan belajar matematika timbul disebabkan peserta didik merasa gugup menjelaskan hasil pekerjaan matematika di depan kelas karena tidak yakin bahwa jawaban yang diberikan benar.  Kata kunci: kecemasan matematis, kesulitan belajar, aljabar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Shannaq, M.M., & Leppayirta, J. (2020). Membandingkan Kecemasan Matematika Siswa Fasilitas Ilmiah Terkait Prestasi, dan Beberapa Variabelnya. Jurnal Instruksi internasional, 13(1), 341-352. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13123a

Azhimuh, A. B., Turmuzi, M., & Wahidaturrahmi, W. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 196–201. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.44

Cahayana, I, L. R. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Kelas X Di Smk Negeri 2 Tanjungpinang. Student Online Journal, 2013, 686–691. ISSN 2722-0710

Diana, Marethi & Pamungkas, (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Vol.4, No.1, January 2020, pp. 24-32.

Doabler, C. T., Clarke, B., Kosty, D., Maddox, S. A., Smolkowski, K., Fien, H., Baker, S. K., & Kimmel, G. L. (2021). Kindergarteners at Risk for Severe Mathematics Difficulties: Investigating Tipping Points of Core Mathematics Instruction. Journal of Learning Disabilities, 54(2), 97–110. https://doi.org/10.1177/0022219420972185

Friantini & Winata, (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematis. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika e-ISSN 2614-4204 dan p-ISSN 2615-465X.

Gerardo Ramirez, Stacy T. Shaw & Erin A. Maloney (2018): Math Anxiety: Past Research, Promising Interventions, and a New Interpretation Framework, Educational Psychologist, DOI: 10.1080/00461520.2018.1447384

Harleni, Tartiyoso & espresia. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pokok Bahasan Perkalian Bentuk Aljabar Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19 Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bingai. Jurnal Serunai Matematika Jurnal Serunai Matematika. 13(1), 16–22.

Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 2, hal. 75-83 P-ISSN: 2579-9827

Lewis, K. E., Sweeney, G., Thompson, G. M., & Adler, R. M. (2020). Integer number sense and notation: A case study of a student with a mathematics learning disability. Journal of Mathematical Behavior, 59(April 2019), 1–27. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2020.100797

Mulyana, A., Senajaya, A. J., & Ismunandar, D. (2021). Indikator-Indikator Kecemasan Belajar Matematika Daring Di Era Pandemik Covid- 19 Menurut Perspektif Siswa Sma Kelas X. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.501

Panggabean, R. F. S. B., & Tamba, K. P. (2020). Kesulitan Belajar Matematika : Analisis Pengetahuan Awal [ Difficulty In Learning Mathematics : Prior Knowledge Analysis]. JOHME : Journal Of Holistic Mathematics Education, 4(1), 17–30.

Setyawati & Ratu, (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 05, No. 03, November 2021, pp. 2941-2953.

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413

Smail, L. (2017). Menggunakan Jaringan Bayesian Untuk Memahami Hubungan Antara Kecemasan Matematika, Jenis Kepribadian, Dan Jenis Kepribadian Kebiasaan Belajar Di Universitas Di Jordan. Jurnal Pendidikan Matematika.

Szczygiel, M. (2020). math anxiety and math achievement in elementary school children ? The role of gender and grade year. In Social Psychology of Education (Issue 0123456789). https://doi.org/10.1007/s11218-020-09570-2

Waluyo & Nuraini (2021) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Sekolah Menengah Pertama. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol 10, No. 2, 2021, 1273-1283. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3586

Wulandari, E. D. (2020). Analisis Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 4 Sd Negeri 125 Pekanbaru. Jurnal PAJAR: Pendidikan dan Pengajaran. 4(4), 738-744. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i2.8035.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-30