Analysis of Statistical Learning Outcomes with Online and Offline Learning Methods

Penulis

  • Indra Kurniawan Universitas Indraprasta PGRI
  • Andri Rahadyan Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8244

Kata Kunci:

Learning, Online, Offline

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara mendalam terkait dengan faktor apa yang menjadikan hasil pembelajaran daring lebih baik dibandingkan dengan luring karena sangat penting diketahui apakah ada faktor pendukung lain ataukah faktor dari kemampuan siswa itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian enam orang. Pemilihan subjek pada penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara berbasis tugas, yaitu: (1) memilih subjek penelitian; (2) menentukan waktu pengambilan data; (3) melaksanakan pengambilan data; (4) menganalisis data; (5) membandingkan hasil pengambilan data daring dan luring; dan (6) menyimpulkan hasil analisis. Hasil analisis yang sudah dilakukan didapat bahwa penerapan metode pembelajaran daring dan metode luring tidak begitu berpengaruh besar terhadap pemahaman materi, semangat dan kemandirian belajar hal yang perlu diperhatikan adalah bukan dari metode pembelajarannya akan tetapi dari bagaimana cara kita dapat menumbuhkan semangat belajar yang baik dan konsisten terutama pada mahasiswa yang memiliki kemampuan sedang dan rendah, semangat belajar sangat penting untuk ditingkatkan pada semua metode pembelajaran karena dengan semangat belajar yang konsisten maka mahasiswa akan senang dan aktif saat mengikuti pembelajaran di kelas baik dengan metode daring ataupun luring.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amaliah, N. W., Rismawanti, E., & Hamran, H. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAN 13 Watampone. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.2036

Effendi, A., Fatimah, A. T., & Amam, A. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5632

Fadila, A., Revilla Malik, L., & Razak, A. (2022). Perbandingan Minat Belajar Siswa Antara Sistem Pembelajaran Luring Dan Daring Di Kelas V Sdi Al Azhar 47 Samarinda. INSTRUKTUR, 1(2). https://doi.org/10.51192/instruktur.v1i2.302

Himmah, A. F. (2021). Implementasi Strategi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Siswa Kelas II Mi Nurul Islam 02 Balung Kulon Di Masa Pandemi. PESAT: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 6(6).

Mela Pratika, M. P., & Wahyuni, S. (2022). Analisis Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa SMP saat Pembelajaran Daring dan Luring Terbatas. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.443

Nasriani. (2022). Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Mts Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8).

Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. JURNAL PENDIDIKAN, 30(1). https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1190

Permatasari, D., Maziyah, K. N., & Fadila, R. N. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Mathematical Resilience Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.479

Septiani, I. S. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring dan luring Pada Siswa Kelas IV MIN 1 Kota Bengkulu. E-Repositoryiainbengkulu.

Sri, D., Khairunnisa, F. D., & Anggraini, A. (2022). Efektifitas Pembelajaran Daring dan Luring: Suatu Studi Komparasi.

Ukur, J. E., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2021). Analisis Pengaruh Peserta Didik, Pendidikan, Dan Lingkungan Terhadap Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Peserta Didik SMK Bhakti Anindya Kota Tangerang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(10).

Wahyudi, A., & Yulianti, Y. (2021). Studi Komparasi: Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring dan Luring di UPT SDN X Gresik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4292–4298. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1555

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458

Yulianti, K., & Utomo, U. (2022). Perbandingan Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2231

Yulianto, D., La, S., & Mashiro, T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pengguna Platform Digital Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Dan Sikap Kritis Siswa Di Ma Daar El Qolam. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-01