Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP melalui Model Problem-based Learning dengan Teknik MURDER

Penulis

  • Marsyalia Indah Purnama Universitas Pasundan
  • Dahlia Fisher Universitas Pasundan
  • Subaryo Subaryo Universitas Pasundan
  • Agus Dede Anggiana Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8252

Kata Kunci:

mathematical litercacy, problem-based learning, murder, mathematics learning, student-centered learning

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem-based Learning dengan Teknik MURDER terhadap kemampuan literasi matematis pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan desain nonequivalent control group. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 52 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Diperoleh kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model Problem-based Learning dengan Teknik MURDER dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa yang memproleh model Problem-based Learning dengan Teknik MURDER lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, dengan nilai signifikansi 0,0235.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, W. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Discovery dengan Teknik MURDER untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-efficacy Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Andriani, S., & Utama, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, dan Review) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.

Anggiana, A. D., Kandaga, T., & Hermawan, V. (2022). Analysis of Mathematical Literacy Increase and Learning Independence Through Problem-based Learning. International Conference on Health Science, Green Economics, Educational Review and Technology, 4, 159–166. https://proceeding.unefaconference.org/index.php/IHERTUNEFACONFERENCEhttps://unefaconference.org/

Dewi, A. L., Wahyuningsih, E. D., & Oktaviani, D. N. (2019). Deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan model pembelajaran murder berbantuan puzzle math. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 59. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12397

Fatimah, L., Maulana, M., & Isrok ’atun, I. (2017). Pengaruh Problem-based Learning (PBL) Berstrategi MURDER terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1).

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Fisher, D., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2021). The Achievement of Middle School Students’ Mathematical Problem Solving Abilities through Project-Based Learning Models. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 185–192. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index

Hidayat, R., Rahmatudin, J., & Sriwahyuni, A. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 32. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm

Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, D. A. (2018). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 1(3), 213–218.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kemendikbud. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan. http://jurnalpuslitjakdikbud.kemdikbud.go.id

Kis, A. D., & Astuti, P. (2018). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Bobotsari. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 4(2), 37.

Laamena, C. M., & Laurens, T. (2021). Mathematical Literacy Ability and Metacognitive Characteristics of Mathematics Pre-Service Teacher. Infinity: Journal of Mathematics Education, 10(2), 259. https://doi.org/10.22460/infinity.v10i2.p259-270

Madyaratri, D. Y., & Wardono Dan Priyono, A. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. PRISMA. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 10(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Maulana. (2016). Interaksi PBL-MURDER, Minat Penjurusan dan Kemampuan Dasar Matematis terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir dan Disposisi Kritis. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1318

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan Problem-based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75–80.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Presiden Repu.

Programme for International Student Assessment., & Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). PISA 2018 results. OECD.

Rizal, M., Tayeb, T., & Latuconsina, N. (2016). Efektivitas Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Ma’rang Kabupaten Pangkep. Mapan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 172–185.

Sayekti, Y. (2019). Pengaruh Problem Based Learning dengan Strategi “MURDER” Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AlphaMath: Jurnal of Mathematics Educations, 5(1), 24–32.

Sentosa, A. W. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis dan Self-efficacy Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Sekolah Menengah. Universitas Pasundan .

Subaryo, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Sekolah Menengah. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 128–134. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.4960

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi MURDER dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1).

Thahir, A., Komarudin, Hasanah, U. N., & Rahmahwaty. (2019). MURDER Learning Models and Self-efficacy: Impact on Mathematical Reflective Thinking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1120–1133. https://doi.org/10.17478/jegys.594709

Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 27–38. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.27-38

Winggowati, S. (2018). Penerapan Metode Think-Talk-Write untuk Mengembangkan Self-confidence Siswa SD. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-22