Penerapan Model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA

Penulis

  • Nida Amelya Al Fitriani Universitas Pasundan
  • Darta Darta Universitas Pasundan
  • Thesa Kandaga Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8480

Kata Kunci:

Literasi Matematis, Kemandirian, Problem-Based Learning, GeoGebra

Abstrak

Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa. Namun pada kenyataanya kemampuan literasi matematis masih tergolong rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis yaitu model PBL berbantuan GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model PBL berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. Metode dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal uraian tes kemampuan literasi matematis. Teknik pengolahan dan analisis data berupa uji perbedaan dua rerata menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model PBL berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggiana, A. D., Kandaga, T., & Hermawan, V. (2022). Analysis of Mathematical Literacy Increase and Learning Independence Through Promblem-Based Learning. International Conference on Health Science, Green Economis, Educational Review and Technology 2019, 156-166.

Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 179-191.

Edimuslim, Edriati, S., & Mardiyah, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 95-110.

Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 157-166.

Khotimah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dengan Pendekatan Metacognitive Guidance Berbantuan GeoGebra. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 53-65.

Kandaga, T., Rosjanuardi, R., Juandi, D. (2022). Epistemological Obstacle in Transformation Geometry Based on van Hiele's Level. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 18 (4).

Lestari, P. D., Dwijanto, D., & Hendikawati, P. (2016). Keefektifan Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 146-153.

Muzaki, A., & Masjudin. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 493-502.

OECD. (2021). PISA for Development Mathematics Framework. PISA for Development Assessment and Analytical Framework Reading, Mathematics and Science.

Pratiwi, D., & Ramdhani, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Gammath, 1-13.

Puspitasari, A., Setiawani, S., & Sri, N. D. (2015). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1-6.

Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (PISA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1-13.

Simin, & T, A. Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Limit Fungsi untuk Menguatkan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Struktur Kognisi. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 64-69.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-24