Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMA Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra

Penulis

  • Vevi Hermawan Universitas Pasundan
  • Agus Dede Anggiana Universitas Pasundan
  • Taufik Rahman Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.9451

Kata Kunci:

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Discovery Learning, Geogebra

Abstrak

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan hal yang penting yang harus dimiliki oleh siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat membantu mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu model discovery learning berbantuan GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttes control grup. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Patokbeusi tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan software SPSS Statistic 17.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annajmi, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Annisa, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Mataram Kasihan. Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta.

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239. DOI: 10.36709/ jpm.v9i2.5872.

Handayani, Y., & Aini, I. N. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi peluang. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Karawang 12 Desember 2019.

Nuryaningsih, W. D. (2021). Penerapan model discovery learning berkolaborasi google classroom dan whatsapp group untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks eksplanasi. Jurnal Paedagogy, 8(2), 159-168. DOI: https://doi.org

/10.33394/jp.v8i2.3540.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Rahman, T., & Saputra, J. (2022). Peningkatan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Melalui Model Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra. Peningkatan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Melalui Model Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra, 7(1).

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sabina, F. (2019). Penerapan discovery learning dengan pendekatan scientific dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematis serta dampaknya terhadap self regulated learning siswa smp. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2), 201-215. DOI: https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.52.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015. Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/337717927 (diakses tanggal 6 Agustus 2022).

Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180-194. DOI: https://doi.org/10.26877 /aks.v10i2.4399.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-24