Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains

Authors

  • Ela Nurlaela RA Miftahul Ulum Mancagahar Pameungpeuk, Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v4i2.10566

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Metode Eksperimen, Pembelajaran Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains di RA Miftahul Ulum Mancagahar Pameungpeuk. Hasil studi awal menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak kelompok B di lembaga ini masih kurang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, berfokus pada studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian adalah 13 anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains berhasil meningkatkan kemampuan kognitif anak. Dalam proses pembelajaran, anak-anak melakukan pengamatan, percobaan, prediksi, pengelompokan, penemuan bukti, dan akhirnya memperoleh pengetahuan. Metode eksperimen ini juga melibatkan penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan alamiah. Dengan demikian, pembelajaran sains melalui metode eksperimen memiliki dampak positif pada perkembangan kognitif anak usia dini, meningkatkan daya tangkap, daya pikir, dan daya ingat mereka. Manfaat penelitian ini mencakup pengembangan kemampuan berpikir kritis anak, acuan bagi guru dalam penggunaan metode variasi dalam pembelajaran, serta kontribusi terhadap perkembangan kognitif anak di sekolah. Kesimpulannya, pembelajaran sains melalui metode eksperimen efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dan memberikan pengalaman positif dalam proses belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrina, C., Ardyawin, I., & Rasyid, S. (2023). KOMPARASI ARSIP DAN PERPUSTAKAAN. JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN (JIPER), 5(1).

Ardiana, R. (2022). Strategi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di taman kanak kanak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–10.

Elzy, E. S. W. (2023). UPAYA ORANG TUA SISWA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SAAT PEMBELAJARAN TIDAK TERBATAS (STUDI KASUS DI PAUD NABILA AIR SEBAKUL KELURAHAN SUKARAMI KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU). Journal Development and Research in Education, 3(2), 1–6.

Humaira, W., & Kasmini, L. (2023). PENGARUH PENGUNAAN PASIR BERWARNA TERHADAP PENGENALAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK POETEUMEUREUHOM BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 4(1).

Ilmi, Z. (2021). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI SHOLAT MELALUI METODE EKSPERIMEN (PENELITIAN TINDAK KELAS). Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 1(1), 1695–1705.

Mulyani, S., Mansoer, Z., & Hardiyanto, L. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan kognitif melalui media tabung pintar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, PAUD_019--PAUD_019.

Yafie, E., & Sutama, I. W. (2019). Pengembangan Kognitif (Sains pada Anak Usia Dini). UNIVERSITAS NEGERI MALANG.

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Mayar, F. (2018). Pengembangan bahan pembelajaran sains berbasis multisensori ekologi bagi guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–22.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1).

Downloads

Published

2023-11-01