Analisis Relevansi Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam

Authors

  • Sofwan Jamil STAI Muhammadiyah Garut, Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v4i2.10720

Keywords:

Analisis Relevansi, Pendidikan Nasional, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan nasional adalah bagian penting dari pembangunan suatu negara, dan nilai-nilai keagamaan seringkali memegang peran yang signifikan dalam masyarakat. Dalam konteks negara-negara dengan mayoritas muslim, seperti Indonesia, penting untuk memahami bagaimana tujuan pendidikan nasional berhubungan dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi pendidikan nasional dan pendidikan Islam, pendekatan yang digunakan dalam pengintegrasiannya dan kendala dalam pelaksanaanya. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan. Data dikumpulkan melalui buku, artikel, laporan pemerintah, kebijakan pendidikan, dan karya-karya ilmiah lainnya yang relevan dengan relevansi pendidikan nasional dan pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Terdapat kompleksitas hubungan antara tujuan pendidikan nasional dan pandangan Islam tentang pendidikan 2. Ada empat pendekatan dalam pelaksanaan integrasi yakni; pendekatan kurikulum terpadu, pendekatan pembelajaran yang holistik, pendekatan dialog antar agama dan pendekatan keterlibatan masyarakat 3. Terdapat kendala dalam pelaksanaanya yakni; perbedaan interpretasi agama, persaingan dengan kurikulum sekuler, isu-isu politik dan kekurangan sumber daya manusia. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mengidentifikasi tren, tantangan, dan peluang dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam dalam pendidikan nasional, serta bagaimana pendidikan dapat berperan dalam membentuk masyarakat yang lebih baik sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

An-Nahlawi, Abdurrahman. (1996). Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press.

Ardi, Sembodo, dkk. (2006). Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN-SUKA

Arifin, Anwar. (2003). Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional Dalam Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam Depag.

Creswell, John, W. (2009). Reserch Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Edisi Indonesia

Daulay, Haidar Putra. (2012). Pendidikan Islam: Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Ikhwan, Afiful. (2014). Integrasi Pendidikan Islam “Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran”. Jurnal Ta’allum Volume 02, Nomor 2, Nopember 2014: 179-194

Ilyasir, F. (2017). Pengembangan Pendidikan Islam Integratif di Indonesia; Kajian Filosofis dan Metode Implementasi. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1)

Jannah, Fathul. (2013). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Dinamika Ilmu, Vol. 13, No. 2, Desember

Muaz, dkk. (2023). Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Mudyahardjo, Redja. (2011). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya. Raja Grafindo Persada Jakarta

Nizar, Samsul, (2001). Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. (Jakarta: Gaya Media Pratama)

Pohan, Rusdi (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Rijal Institut

Ramayulis. (2008). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Ridwan, Muhammad. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib dalam Al-Quran. Jurnal Nazhruna: Pendidikan Islam, Vol. 1 No 1 Maret. Issn: 2614

Samrin. (2015). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Al-Ta’dib. 8 (1).

Tafsir, Ahmad. (2013). Ilmu Pendidikan Islami.. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2023-11-01