Komunikasi Efektif dalam Administrasi Perkantoran

Authors

  • Alya Ramadhani Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v4i2.10945

Keywords:

Komunikasi Efektif, Administrasi Perkantoran

Abstract

Komunikasi yang efektif dalam administrasi perkantoran memainkan peran yang sangat penting dalam keberhasilan organisasi. Interpersonal communication atau komunikasi antarpribadi adalah komunikasi antarperorangan dan bersifat pribadi, baik yang terjadi secara langsung (tanpa medium) ataupun tidak langsung (melalui medium). Kegiatan-kegiatan seperti percakapan tatap muka (face to face communication), percakapan melalui telepon, surat menyurat pribadi, merupakan contoh-contoh komunikasi antarpribadi. Teori-teori komunikasi antarpribadi umumnya memfokuskan pengamatannya pada bentuk-bentuk dan sifat hubungan (relationships), percakapan (discourse), interaksi, dan karakteristik komunikator (Sendjaja Et,al, 2014). Komunikasi yang efektif dalam administrasi perkantoran memiliki manfaat yang signifikan dalam meningkatkan produktivitas, membangun kolaborasi yang lebih baik, menciptakan hubungan yang baik, mengurangi konflik, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Teknik-teknik seperti mendengarkan aktif, menggunakan bahasa yang jelas, mengatur waktu dan prioritas, menggunakan teknologi yang tepat, dan mengatur pertemuan yang efektif dapat membantu mencapai komunikasi yang efektif dalam administrasi perkantoran. Dengan penerapan komunikasi yang efektif, keseluruhan operasional perkantoran dapat berjalan dengan lebih baik dan mendukung pertumbuhan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, A. A. A., Hassan, I., Pallathadka, H., Keezhatta, M. S., Noorman Haryadi, R., Al Mashhadani, Z. I., ... & Rohi, A. (2022). MALL and EFL learners’ speaking: Impacts of Duolingo and WhatsApp applications on speaking accuracy and fluency. Education Research International, 2022,

Dalimunthe, L., & Haryadi, R. N. (2022). The Effect of Learning Methods and Vocabulary Mastery on English Speaking Ability. Lingua Educationist: International Journal of Language Education, 1(1), 1-7.

Haryadi, R. N., & Sunarsi, D. (2022). English for Beginner. Cipta Media Nusantara

Hidayah, N. R. (2022). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Komunikasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Bank Indonesia Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 4(1), 39- 58.

Monavvarian, A., & Asri, G. (2012). An empirical study on the relationship between effective organizational communication and the performance of central office staff. Management Science Letters, 2(5), 1549-1554.

Sendjaja, S. D., Rahardjo, T., Pradekso, T., & Sunarwinadi, I. R. (2014). Teori komunikasi.

Setiawan, A., & Pratama, S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Efektif Dan Pengambilan Keputusan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv. Bintang Anugerah Sejahtera. Jurnal Manajemen Tools, 11(1),19-33.

Downloads

Published

2023-11-15