Penerapan Model Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas X SMA Santo Aloysius 2 Bandung

Authors

  • Elistynamaria Pane Alumni UNPAS

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4363

Keywords:

model treffinger, menulis puisi, berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas X dalam menulis puisi dan berpikir kreatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dan berpikir kreatif adalah model Treffinger. Secara umum, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan 1) Kemampuan siswa dalam menulis puisi dan berpikir kreatif sebelum dan sesudah menggunakan model Treffinger di kelompok eksperimen, 2) Kemampuan siswa dalam menulis puisi dan berpikir kreatif tanpa menggunakan model Treffinger di kelompok kontrol, dan 3) perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis puisi dan berpikir kreatif kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimen dengan desain penelitian control group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Santo Aloysius 2 Bandung. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian kelas XA dan XB. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan model Treffinger. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata prates kemampuan menulis puisi untuk kelompok eksperimen sebesar 62,28 dan kemampuan berpikir kreatif sebesar 60,95 Sedangkan nilai rata-rata pascates untuk kelompok eksperimen sebesar 68,52 dan kemampuan berpikir kreatif sebesar 66,04. Data hasil prates dan pascates kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan tingkat signifikansi sebesar 95%. Berdasarkan hasil penghitungan dapat disimpukan bahwa model Treffinger dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi dan berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, S. (2012). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Akmalia, Heni, dkk. (2016). Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Tugas Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Vol. 9, No.2.

Alwasilah, A. &. (2012). Pokoknya Menulis. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Anshori, D.S. (2006). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Model Workshop Dalam Perkuliahan Kepenulisan Program Nonkependidikan Pada Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS. Educare : International Journal for Educational Studies.

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baihaqi, MIF. (2016). Pengantar Psikologi Kognitif. Bandung : Refika Aditama.

Damaianti, A. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Filsaime, Dennis K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Ghazali, S. A. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Refika Aditama.

Herdian. (2010). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. [Online] Tersedia: http://herdy07.com/2010/05/27/kemampuan-berpikir-kreatif-siswa.

Hidayati, P.P.(2015). Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Prisma Press

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indrawan, R. & Yaniawati. (2016). Metodologi Peneltitian. Bandung : Refika Aditama.

Joyce, Bruce dkk. (2016). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniawan, H. (2012). Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumah, W. (2012). Menulislah Setiap Hari Dan Buktikan Apa Yang Terjadi. Jakarta: Indeks.

Latifah, N.C, Dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo. Surabaya: Jurnal Unesa Vol 5

Maulana, S. F. (2011). Proses Kreatif Menulis Puisi. Bandung: Penerbit Kelir.

____________ (2004). Menulis Puisi Satu Sisi. Bandung: Pustaka Latifah.

Munandar, Utami. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Nisa, Faridatun N. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Setting Model Treffinger Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Sidoarjo: Jurnal PEDAGOGIA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Vol. 1, No.1.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Kajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

_____________. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE

Pradopo, R. D. (2010). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahayu, Sri Ani. (2012). Pengembangan Kreativitas Kemandirian. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Ruganda. (2009). Peningkatan Hasil Pembelajaran Menulis Deskripsi Melalui Model Delikan di Kelas V SD Kalikoa, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon. Metalingua : Jurnal Penelitian Bahasa.

Sayuti, S. (2002). Berkenalan Dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Semi, A. M. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Simanjuntak, V.E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Dan Berpikir Kreatif . (Tesis). Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Siswanto, W. (2008). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI.

Sumiyadi. (2010). Kriteria Lomba Menulis Puisi. Bandung: Jurdiksatrasia FPBS

Supriadi, D. (2001). Kreativitas, kebudayaan, dan perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, C. Veronika. (2015). Penerapan Model Treffinger Berbasis Kreativitas Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembang. Bandung: Jurnal Riksa Bahasa.

Tarigan, H. (1984). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. (2015). Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, B. Hamzah & Nurdin, Mohamad. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara

UPI.

Waluyo, H. J. (1995). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wiyanto, A. (2006). Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo

Downloads

Published

2023-05-15