MEMPREDIKSI LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP LAYANAN TAKSI ONLINE MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Penulis

  • Panji Pratama Lifianto Magister Manajemen Universitas Kristen Maranatha
  • Agustinus Ferbruadi Maranatha Christian University

DOI:

https://doi.org/10.23969/jrbm.v16i1.6592

Abstrak

Fenomena taksi online telah memberikan perubahan pada sistem dan kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan transportasi umum khususnya taksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur faktor-faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam menggunakan aplikasi layanan taksi keliling dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Model penelitian yang digunakan melibatkan beberapa variabel yaitu persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap, loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan sebagai variabel tambahan. Analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dan responden berjumlah 105 orang yang berasal dari kota Bandung. Penelitian ini membuktikan bahwa selain variabel-variabel yang terdapat dalam Technology Acceptance Model (TAM), dalam mencapai loyalitas pengguna aplikasi layanan taksi keliling harus mencapai kepuasan pelanggan terlebih dahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya variabel tambahan kepuasan pelanggan dapat meningkatkan pemahaman dalam penerimaan teknologi dengan melengkapi variabel yang menjadi bagian dari Technology Acceptance Model (TAM).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-22