PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ERIGO DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Keywords:
Pemasaran, live streaming, EWOM, trust, keputusan pembelianAbstract
Perkembangan teknologi yang semakin maju di seluruh dunia telah banyak menyebabkan perubahan pada cara pemasaran produk dari suatu brand terhadap bisnis. Fenomena pemasaran yang ramai digunakan beberapa tahun terakhir ini adalah live streaming shopping dengan Erigo salah satu brand di Indonesia yang cukup terkenal yang juga aktif dalam penggunaan fitur live streaming di shopee live. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh live streaming dan EWOM terhadap keputusan pembelian dengan trust sebagai variabel intervening pada mahasiswa di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel didapatkan menggunakan rumus cochran sebanyak 201 responden Analisis data menggunakan SEM-PLS pada aplikasi smartpls. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan live streaming dan EWOM terhadap keputusan pembelian melalui trust pada mahasiswa di Kota Bandung konsumen Erigo yang menggunakan shopee live berpengaruh positif secara signifikan.Downloads
References
Afif, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Packing Produk Minuman PT. Singa Mas Pandaan. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 104. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i2.11
Amin, M., Muta’ali, A., & Nafis, M. C. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Calon Jemaah Haji DKI Jakarta dan Jawa Barat Untuk Menggunakan Layanan Transaksi Nontunai. Jurnal Middle East and Islamic Studies, 12(3), 79–98.
Astuti, I. P., & Anggresta, V. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Food Di Jakarta Selatan. Jurnal USAHA, 3(2), 29–35. https://doi.org/10.30998/juuk.v3i2.1230
Biki, A. (2022). Analisis Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap E-Customer Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, 1–23.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867
Ditya Yuda Pratama. (2023). Hubungan Trust dan Kepuasan Konsumen pada Pengguna Pelayanan Publik “X” . Jurnal Penelitian Psikologi, 10(2)(02), 329–344.
Dwirezki, P. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Red Velvet Pada Azarine Cosmetic Terhadap Brand Image Dan Minat Pembelian Yang Memiliki Dampak Pada Keputusan Pembelian Penggemar K-Pop (Reveluv) Di Indonesia.
Ermawati, A. (2018). Discriminant Validity, Convergent Validity, Composite Realiability. Jurnal Agora, 6(2), 287097.
Fakhrudin, A., Yudianto, K., & Melly A.D, Y. S. (2021). Word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah. Forum Ekonomi, 23(4), 648–657. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10111
Hardani, et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In Yogyakarta:CV Pustaka Ilmu Grup.
Hertina, D., & Wulandari, D. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(12), 5379–5384. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i12.1988
Kusumastuti, S. (2022). Keputusan pembelian ditinjau dari brand trust, brand awareness dan word of mouth. Online) KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(3), 590.
Laudon, & Traver. (2021). E-Commerce 2020-2021: Business, Technology and Society, Global Edition.
Lavenia, S. (2020). Harga Dan Kepuasan Konsumen. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Uniqlo Di Mall Of Indonesia, 30–32.
Liani, L. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH MELALUI APLIKASI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK SKINTIFIC. 01, 1–23.
Maulidan, F. (2023). Pengaruh Pengalaman Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada E-Commerce Lazada Indonesia.
Meybiani, O., Faustine, G., & Siaputra, H. (2019). Pengaruh Ewom Dan Online Trust Terhadap Purchase Intention Di Agoda. Jurnal Hospitality, 7(2), 486. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/10235
Niehoff, B. P. & M. R. H. (2003). Justice As A Mediator Of The RelationshipBetween Methods of Monitoring And performance. Jurnal EMBA, 10(4), 327–556.
Nur, T. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan. Jurnal Manajemen Bisnis, 21(3), 151–164. file:///C:/Users/HP/Documents/107-Article Text-187-1-10-20190123.pdf
Oldham, G. R., & Jimeno‐Ingrum, D. (2015). Job Rotation. Wiley Encyclopedia of Management, 2, 1–1. https://doi.org/10.1002/9781118785317.weom110177
Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.
Saputra, & Alvin, N. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital, Kualitas Produk, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Lokal Di Wilayah Dki Jakarta. Bisnis.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (ke-4 ed.).
Sumarsan. (2021). Pengaruh Pajak Restoran Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 51(1), 1–15.
Syaodih, N. (2008). Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. In Jakarta: Kencana. (Issue 1985).
Wang, Y., Lu, Z., Cao, P., Chu, J., Wang, H., & Wattenhofer, R. (2022). How Live Streaming Changes Shopping Decisions in E-commerce: A Study of Live Streaming Commerce. Computer Supported Cooperative Work: CSCW: An International Journal, 31(4), 701–729. https://doi.org/10.1007/s10606-022-09439-2
Wibisono, N., Senalasari, W., White, M. E., & Februadi, A. (2023). E-WoM Engagement and Purchase Intention on Social Commerce Specialized in Beauty Products: A Perspective from Young Female Consumers. International Journal of Applied Business Research, 5(01), 26–46. https://doi.org/10.35313/ijabr.v5i01.311
Widiastuti, N., Riauwanto, S., & Harwati, C. A. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Melayani Dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(4), 1224–1242. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i4.620
Wongkitrungrueng, A., & Assarut, N. (2020). The role of live streaming in building consumer trust and engagement with social commerce sellers. Journal of Business Research, 117, 543–556. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2018.08.032
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.