Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Brand Somethinc di Kota Bandung

Authors

  • Balqis Jabbarin Fidary Universitas Telkom
  • Kristina Sisilia Universitas Telkom
  • Agus Maolana Hidayat Universitas Telkom

Keywords:

Citra merek, Kualitas Produk, Minat Beli

Abstract

Saat ini, kesadaran masyarakat mengenai kegunaan produk kosmetik dan kecantikan meningkat, terutama pada produk lokal. Inovasi produk lokal mengenai manfaat kandungan pada produknya menimbulkan antusiasme konsumen lokal. Hal ini menimbulkan persaingan antar brand kosmetik dan kecantikan sehingga perusahaan dituntut untuk meningkatkan minat beli produknya, dapat dilakukan melalui citra merek yang mudah dikenali serta kualitas yang unggul pada produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan persepsi merek terhadap kecenderungan membeli pelanggan di Kota Bandung. Dalam penelitian ini, hubungan sebab akibat antar variabel yang diteliti ditentukan dengan menerapkan pendekatan analisis kuantitatif dan deskriptif. Non-probability sampling adalah metode yang digunakan, dan ukuran sampel terdiri dari 96 konsumen merek Somethinc yang berbasis di Kota Bandung. Data statistik ditangani menggunakan IBM SPSS 29 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk, dan niat membeli semuanya dinilai “Baik” oleh beberapa konsumen merek. Baik kualitas produk maupun citra merek mempunyai dampak besar dan menguntungkan bagi beberapa merek di Kota Bandung. Selain itu, citra merek dan kualitas produk mempunyai pengaruh yang positif dan cukup besar secara simultan terhadap minat beli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Hamasy, A. (2022, Oktober 25). Industri Kecantikan Tanah Air Punya Prospek Bagus. Retrieved from kompas.id: https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2022/10/25/bpom-menilai-industri-kosmetik-akan-tetap-berkembang

Faezy Razy, F., & Lajevardi, M. (2015). Investigating Relationship between Brand Image, Price Discount, and Purchase Intention. Journal of Marketing and Consumer Research Vol. 17, 49-56.

Gudowska, B. (2017). The power of quality in product management of cosmetics. The case of, halal' beauty products. Globalization, the State and the Individual, No. 3 (15), 29-39.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2022). Perkembangan Industri Kosmetik Nasional. Retrieved from Kemenperin.go.id: http://ikft.kemenperin.go.id/perkembangan-industri-kosmetik-nasional/

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. (2021). Marketing Management. New York: Pearson

kumparan.com. (2021, Oktober 24). Somethinc, Brand Kecantikan Lokal, Berhasil Pimpin Pasar Skincare Indonesia. Retrieved from kumparan.com: https://kumparan.com/harris-maulana/somethinc-brand-kecantikan-lokal-berhasil-pimpin-pasar-skincare-indonesia-1wmYSjrq6sD/2

Majeed, A., Baloch, D., & Ullah, S. (2022). Impact of Brand Image on Customer buying decision in the Cosmetics Industry in the Pakistan. Annals of Human and Social Sciences Jul-Sep 2022,Vol. 3, No. 2, 611-624.

Nazarani, M. (2021). THE EFFECT OF LUXURY BRAND, BRAND IMAGE, AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASE INTENTION. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR) Vol. 5, Issue 1, 290-295.

Nirwana, D., & Khuntari, D. (2021). Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Pada @CELYNE.OFFICIAL. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, Volume 5 Nomor 2, 36-48.

Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Reppi, L., Moniharapon, S., & Loindong, S. (2021). Bauran Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Grabfood (Study Pada Pengguna Jasa Grabfood Di Kota Manado Pada Masa Pandemi Covid-19). Jurnal EMBA, 1482 - 1490.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2025-07-10