PENGARUH FOOD QUALITY & SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UD BAROKAH

Authors

  • Muhammad Hanafi MuhammadHanafi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ambar Lukitaningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nonik Kusuma Ningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Food quality, service quality, brand image, customer satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh food quality & service quality terhadap customer satisfaction dengan brand image sebagai variabel intervening pada UD Barokah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan populasinya adalah seluruh konsumen UD Barokah. Teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Food quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, Food quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, Service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image dan brand image berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap customer satisfaction. Implikasi dalam penelitian ini yaitu hasil penelitian diharapkan UD Barokah dapat meningkatkan brand image yang dimilikinya agar konsumen dapat mengenal dan bisa menawarkan produknya ke orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah Zahra, I., Syahra Dewi, S., & Bisnis Internasional Indonesia Bekasi, S. (2021). PROMOSI, KETIDAKPUASAN KONSUMEN, DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP MEREK PIXY KOTA BEKASI. In Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, Issue 1).

Anggelina, N. W. D. R., & Rastini, N. M. (2019). PERAN NILAI PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5304. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p24

Badan Pusat Statistik. (2022). Peternakan Dalam Angka Tahun 2022.

Batari, A., Pelayanan, P. K., Citra, D., Terhadap, M., Konsumen, K., Ford, M., Bima, M. J., & Rahman, Z. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Ford. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko

Freddy Rangkuti. (2020). Riset Pemasaran (Freddy Rangkuti, Ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Giawa Adariang, & Hendriati Yossi. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Bunaken.

Gultom Dedek Kurniawan, Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. 3(2). https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i2.5290

Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME (Vol. 2).

Halimah Winda, Hidayat Nurdin, & Fidhyallah Nadya Fadillah. (2021). Pengaruh Kualitas Makanan, Nilai yang Dirasakan, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Layanan Pemesanan Makanan Online Pizza Pesan Antar.

Kusuma, W., & Marlena, N. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI GO-JEK DI KOTA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 9.

Larasati, F., & Suryoko, S. (2020). “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi”pada Pengguna Jasa Pengiriman Surat Kilat Khusus PT. Pos Indonesia di Kota"Semarang) " ". In Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. IX. www.topbrand-award.com

Maradita Fendy, & Susilawati Mega. (2021). Pengaruh Suasana, Kualitas Makanan,dan Persepsi NilaiterhadapKepuasan Pelanggan Rumah Makan Goa Sumbawa.

Muhtarom Abid, Syairozi MuhamadImam, & Rismayati Reva Desy. (2022). Analisis Citra merek, Harga, Kualitas produk dan promosi Terhadap keputusan pembelian dimediasi minatbeli.

Othman, A. K., Hamzah, M. I., & Abu Hassan, L. F. (2020). Modeling the contingent role of technological optimism on customer satisfaction with self-service technologies: A case of cash-recycling ATMs. Journal of Enterprise Information Management, 33(3), 559–578. https://doi.org/10.1108/JEIM-09-2019-0295

Rangga, A., & Nalendra, A. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN HARGA KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PELANGGAN IM3 MADIUN).

Rangga, A., & Nalendra, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN HARGA KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PELANGGAN IM3 MADIUN).

Razak, I. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. 7(2).

Rorong, C., Tawas, H. N., Rogi, M., Juliany Rorong, C., Novie Tawas, H., Rogi, M. H., & Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen, F. (2023). THE EFFECT OF CAFÉ ATMOSPHERE AND SERVICE QUALITY ON CUSTOMER LOYALTY WITH BRAND IMAGE AS AN INTERVENING VARIABLE AT CAFÉ I CARE LANGOWAN. 11(2), 255–264.

Rusanti Yunita. (2019). Distribusi Perdagangan Daging Sapi Indonesia.

Saidani Basrah, Lusiana Lisa Monita, & Aditya Shandy. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website Dankepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggandalam Membentuk Minat Pembelian Ulang Padapelanggan Shopee.

Setyowati, E., & Wiyadi, D. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI.

Stefen Yonas, & Efendi. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lingkungan Fisik Dan Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Kampoeng Kita.

Suhardi, D., & Irmayanti, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. In Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen (Vol. 3, Issue 1). http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm

Sukmana, N. C., Chandra, J., & Siaputra, H. (2021). PENGARUH KUALITAS MAKANAN, HIGIENITAS DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIATOR DI RESTORAN DAPUR TERBUKA DI SURABAYA.

Susanti. (2022). Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.

Tonibun, Saparso, Soegeng, & Wahyoedi. (2021). Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Pada Penjualan Kendaraan Bermotor Roda Empat.

Usman Wibowo, D., & Yulianto, E. (2022). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KESADARAN MEREK, CITRA MEREK DAN KEPUASAN KONSUMEN. https://profit.ub.ac.id

Wahyu Hari Christoper, S., & Ika Kristianti, dan. (2020). HUBUNGAN E-COMMERCE DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KELANGSUNGAN USAHA DI BOYOLALI RELATIONSHIP OF E-COMMERCE AND FINANCIAL LITERATERACY ON BUSINESS CONTINUITY IN BOYOLALI. 10(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.9.3.1-12

Worotikan Alfiana Lidya, Massie James D. D., & Tawas Hendra. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS MAKANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN IKAN BAKAR KINAMANG.

Downloads

Published

2025-12-09