PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LITERASI DIGITAL DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING DI KALANGAN MAHASISWA SEMARANG

Authors

  • vania puspita sari universitas dian nuswantoro
  • Dwi Eko Waluyo Universitas Dian Nuswantoro
  • Dian Prawitasari Universitas Dian Nuswantoro
  • Diana Puspitasari Universitas Dian Nuswantoro

Keywords:

Literasi Keuangan, Literasi Digital, Persepsi Risiko, Penggunaan Mobile Banking

Abstract

Kemajuan teknologi telah banyak mengubah sistem transaksi keuangan, termasuk munculnya mobile banking—platform digital yang memungkinkan pengguna melakukan aktivitas keuangan secara mudah memakai smartphone. Riset ini mengkaji pengaruh literasi keuangan, literasi digital, dan persepsi risiko pada penggunaan mobile banking pada mahasiswa di Kota Semarang. Tujuan penelitain untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, literasi digital dan persepsi risiko terhadap penggunaan mobile banking di kalangan mahasiswa semarang. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner online yang disebarkan via Google Forms dengan skala Likert 5 poin. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan yakni purposive sampling dan menghasilkan 272 respon valid. Data dianalisis memakai SPSS versi 25 melalui metode regresi linear berganda. Hasil riset memaparkan bahwasannya literasi keuangan, literasi digital, serta persepsi risiko memiliki pengaruh positif serta signifikan pada penggunaan mobile banking, dengan literasi keuangan sebagai faktor yang paling berpengaruh. Secara bersama-sama, ketiga variabel tersebut menjelaskan 88% variasi penggunaan mobile banking, sementara 12% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diriset pada studi ini. Saran pada penelitian berikutnya sampel penelitian lebih dari satu daerah dan bisa menambahkan jumlah variabel seperti, harapan kinerja, nilai pribadi dan kepercayaan, kemudahan dalam bertransaksi, dan efektivitas finansial mandiri yang menjadi faktor untuk mempengaruhi penggunaan mobile banking.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadi, A., & Winarto, H. (2020). Mengunakan Layanan Go Pay Pada Pelanggan GOJEK. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 11–23.

Adhi Kusumastuti, D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Arianti, B. F., & Azzahra, K. (2020). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan : Studi Kasus UMKM Kota Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(2), 156–171. https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2635

Arifin, Z., Yuhono, B. M. P., & Puspita, D. A. (2024). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, TEKNOLOGI FINANSIAL DAN PERENCANAAN KEUANGAN TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING DI KALANGAN MAHASISWA. Jurusan Manajemen, STIE Malangkucecwara Malang, 6(3), 255–263.

Basri, M., & Leo, M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Digital Terhadap Preferensi Bank Digital. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4), 421–427. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i4.659

Deswita, S., & Hidayat, T. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Digital Terhadap Penggunaan Mobile Banking. Jurnal Ekobistek, 10(4), 213–220. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v14i1.931

Filiya, S., Eko, D., Prawitasari, D., & Kurniawan, R. (2025). Gen Z’s Intention to Use QRIS in Semarang: The Moderating Role of Financial Literacy. International Journal of Economics and Management Research, 4(2), 633–645. https://doi.org/10.55606/ijemr.v4i2.440

Gultom, B. T., HS, S. R., & Siagian, L. (2022). Dampak Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa (Studi Kasus di Universitas Hkbp Nommensen Pematang Siantar). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1), 134–144.

Gupta, S., & Arora, A. (2019). Impact of perceived transaction risk on mobile banking adoption. Journal of Retailing and Consumer Services, 175–183.

Humaira, F. R. (2022). Indeks Literasi Digital Berdasarkan Wilayah Di Indonesia. Retrieved, 2(8), 14.

Kamila, T. P., & Rahayu, Y. S. (2024). Pengaruh Keamanan, Kepercayaan, dan Risiko Terhadap Penggunaan Layanan Mobile Banking Pada Mahasiswa di Kota Malang. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 5(1), 49–61. https://doi.org/10.51339/nisbah.v5i1.1740

Kumanireng, I. H. W., & Bayu Utomo, R. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LITERASI PAJAK DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA DI PASAR MODAL. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 8(3), 11–22. https://doi.org/10.29407/jae.v8i3.20566

Kumar, V., Malik, P., & Singh, R. (2021). Security concerns and mobile banking adoption: An empirical study. International Journal of Bank Marketing, 39(7), 1055–1072.

Linawati, Nurdiwaty, D., Widiawati, H. S., Wijanarko, S. P., Faisol, Zaman, B., Candra, N. A., & Riswahningrum, M. S. (2022). EDUKASI LITERASI KEUANGAN BAGI SISWA SMK. JPPNu (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara), 4(2), 130–134.

Mayashanti, H. A., Samasta, A. S., Puspitasari, D., & Oktavia, V. (2025). Peran Pendapatan, Literasi Keuangan dan Persepsi Risiko dalam Mempengaruhi Keputusan Investasi Generasi Z. Jesya, 8(1), 707–720. https://doi.org/10.36778/jesya.v8i1.1993

Mudasih, I., Subroto, W. T., & Susanti. (2021). The effect of financial literacy, digital literacy, and entrepreneurial learning outcome on entrepreneur behavior of students at SMK Negeri 1 Surabaya. Technium Social Sciences Journal, 15(1), 303–320.

Munari, S. A. L. H., & Susanti. (2021). The Effect of Ease of Transaction, Digital Literacy, and Financial Literacy on The Use of E-Banking. Economic Education Analysis Journal, 10(2), 298–309. https://doi.org/10.15294/eeaj.v10i2.39335

Mutia Edwy, F., Shinta Anugrahani, I., Teguh Setiaji, Y., & Faiq Pradana, A. (2022). Determinant of Financial Literacy in Generation Z. International Journal of Social Science Research and Review, 5(1), 106–114. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i1.173

Noviatun, I., & Riptiono, S. (2021). Menguji Intention to Use E-Wallet OVO Menggunakan Modifikasi Technology Acceptance Model ( TAM ) di Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(1), 1–11.

Nugroho, T. Q., & Yasin, A. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Layanan Mobile Banking dan Shariah Compliance Terhadap Minat Menabung pada Bank Syariah dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi: Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Surabaya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(6), 3473–3494. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i6.2597

Pangastuti, T. U., & Riza, A. F. (2023). Memprediksi Minat M-Banking Bank Syariah dengan Pendekatan TAM Dan TPB: Studi Generasi Milenial di Bantul. Velocity: Journal of Sharia Finance and Banking, 3(1), 60–74. https://doi.org/10.28918/velocity.v3i1.874

Pangrazio, L., Godhe, A. L., & Ledesma, A. G. L. (2020). What is digital literacy? A comparative review of publications across three language contexts. E-Learning and Digital Media, 17(6), 442–459. https://doi.org/10.1177/2042753020946291

Puspitasari, R., & Astrini, D. (2021). Dampak Literasi Dan Inkuisi Keuangan Terhadap Kinerja Pelaku UMKM Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 181–190. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.771

Putra, R. A., & Wulandari, D. (2022). Pengaruh persepsi risiko terhadap penggunaan mobile banking pada generasi muda. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 45–56.

Rianita, G., & Fasa, M. I. (2024). ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN DIGITAL ANALYSIS OF THE BENEFITS OF USING MOBILE BANKING AS A. November, 7647–7652.

Riayu, A. P., & Susanto, R. (2020). Penerapan M-Banking Dalam Meningkatkan Jasa Dan Layanan Perbankan Di PT.Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Siteba. Jurnal Akademi Keuangan Dan PerbankanA, 0, 1–23.

Sabila, V. P., & Hasnawati. (2024). THE INFLUENCE OF FINANCIAL LITERACY AND DIGITAL LITERACY ON MOBILE BANKING ADOPTION. Indonesian Scientific Journal, 9(11). https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i11.17004

Siahaan, S., & Waluyo, D. E. (2023). Analisis Literasi Keuangan Dan Lifestyle Hedonis TerhadapPerilaku Keuangan Mahasiswa Di Jawa Tengah. Jurnal Mirai Management, 8(2), 550–562.

Solikhatun, I., & Ridlwan, A. A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Technology terhadap Keputusan Keuangan Mahasiswa Yogyakarta. Edunusa: Journal of Economics and Business Education, 2(2), 179–185.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tiffani, I. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Preferensi Bank Digital. Mbia, 22(1), 152–167. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2039

Tunggal Pradini, K., & Susanti. (2021). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana Mobile Banking Bca, Bni, Bri. 10(10), 859–872.

Utami, W., Rofika, I. D., Kamelia, T., Budiarti, Y., Mushlihah, T., Aminin, H., Awaliya, R., Azizah, N., & Septiani, N. (2023). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan BSI (Bank Syariah Indonesia) Mobile. Journal of Multidisciplinary Studies, 7(1), 1–22.

Yuhelmi, Trianita, M., Kamela, I., & Rosha, Z. (2022). Peran Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Minat Penggunaan Mobile Banking. Jurnal Pustaka Manajemen, 2(1), 20–252.

Downloads

Published

2025-12-12