PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.23969/oikos.v7i2.9145Kata Kunci:
Mind Mapping, Hasil Belajar, AkuntansiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar Akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dengan cara observasi partisipasi dan tes hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Studi Akuntansi SMK Setia Bhakti Kota Bandung yang berjumlah 54 siswa dengan sampel seluruh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dengan pembelajaran yang menerapkan Mind Mapping dan kelompok kontrol dengan pembelajaran tanpa menerapkan Mind Mapping terhadap hasil belajar akuntansi. Perbedaan yang diperoleh, dibuktikan melalui pengujian hipotesis uji-t dengan hasil thitung > ttabel, dimana thitung sebesar 2,134 dan ttabel sebesar 1,68195. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, karena hasil belajar Akuntansi menerapkan Mind Mapping lebih baik dibandingkan tanpa menerapkan Mind Mapping.Unduhan
Referensi
Alamsyah, M. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Dengan Mind Map. Jogjakarta: Mitra Pelajar.
Arikunto. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Azis. (2015). Statistik Inferesial dalam SPSS. Baubau: Lingkaran Matematika
Buzan, T. (2005). Buku Pintar Mind Map. Jakarat: PT Gramedia Pustaka Utama.
Deporter, B. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit kaifa.
Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fathurrohman, P. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.Gunawan, A. W. (2004). Born to be Genius. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lucy, B. (2012). Dahsyatnya Brain Smart Teaching Cara Super Jitu Optimalkan Kecerdasan Otak dan Prestasi Belajar Anak. Jakarta: Penebar Plus.
Pembelajaran, T. P. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: PT Rajagrafindo Persada
Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algasindo
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo
Sumber Jurnal:
Abdool, C.-A. R. (2013). Using Mind Maps for The Measurement and Improvement of Learning Quality. Caribbean Teaching Scholar, 3.
Meltzer, (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gain in physics: a possible “hidden variable in diagnostic retest scores” american journal physics.
Sumber Peraturan Perundang-undangan dan Dokumen lainnya
SMK Setia Bhakti. (2016). Profil SMK Setia Bhakti. Cimahi: Yayasan Pro Walagri.
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS
Majalah
Amri, I. S. (2015, Maret). ASEAN adalah kita. Jakarta Pusat, Jakarta, Indonesia.
Artikel Elektronik
Yoga, D. (n.d.). Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Mind Map. Retrieved Maret 18, 2017, from www.paxhigh.com: http://www.paxhigh.com/doc/applied_rt-mm.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Oikos : Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.