PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Penulis

  • Veri Aryanto Sopiansah Universitas Pasundan
  • Leni Maryani Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v7i2.9145

Kata Kunci:

Mind Mapping, Hasil Belajar, Akuntansi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar Akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dengan cara observasi partisipasi dan tes hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Studi Akuntansi SMK Setia Bhakti Kota Bandung yang berjumlah 54 siswa dengan sampel seluruh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dengan pembelajaran yang menerapkan Mind Mapping dan kelompok kontrol dengan pembelajaran tanpa menerapkan Mind Mapping terhadap hasil belajar akuntansi. Perbedaan yang diperoleh, dibuktikan melalui pengujian hipotesis uji-t dengan hasil thitung > ttabel, dimana thitung sebesar 2,134 dan ttabel sebesar 1,68195. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, karena hasil belajar Akuntansi menerapkan Mind Mapping lebih baik dibandingkan tanpa menerapkan Mind Mapping.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alamsyah, M. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Dengan Mind Map. Jogjakarta: Mitra Pelajar.

Arikunto. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azis. (2015). Statistik Inferesial dalam SPSS. Baubau: Lingkaran Matematika

Buzan, T. (2005). Buku Pintar Mind Map. Jakarat: PT Gramedia Pustaka Utama.

Deporter, B. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit kaifa.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fathurrohman, P. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.Gunawan, A. W. (2004). Born to be Genius. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lucy, B. (2012). Dahsyatnya Brain Smart Teaching Cara Super Jitu Optimalkan Kecerdasan Otak dan Prestasi Belajar Anak. Jakarta: Penebar Plus.

Pembelajaran, T. P. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: PT Rajagrafindo Persada

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algasindo

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo

Sumber Jurnal:

Abdool, C.-A. R. (2013). Using Mind Maps for The Measurement and Improvement of Learning Quality. Caribbean Teaching Scholar, 3.

Meltzer, (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gain in physics: a possible “hidden variable in diagnostic retest scores” american journal physics.

Sumber Peraturan Perundang-undangan dan Dokumen lainnya

SMK Setia Bhakti. (2016). Profil SMK Setia Bhakti. Cimahi: Yayasan Pro Walagri.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS

Majalah

Amri, I. S. (2015, Maret). ASEAN adalah kita. Jakarta Pusat, Jakarta, Indonesia.

Artikel Elektronik

Yoga, D. (n.d.). Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Mind Map. Retrieved Maret 18, 2017, from www.paxhigh.com: http://www.paxhigh.com/doc/applied_rt-mm.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-12

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama