PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.23969/oikos.v7i2.6020Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Dukungan Orang Tua, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) bagaimana kecerdasan emosional, dukungan orang tua dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMAN 1 Padalarang, (ii) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMAN 1 Padalarang, (iii) pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMAN 1 Padalarang, dan (iv) pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMAN 1 Padalarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan: (i) kecerdasan emosional siswa dikatakan sangat baik dengan skor 4,05, dukungan orang tua dalam kualifikasi sangat baik dengan skor 4,03 dan hasil belajar siswa dikategorikan cukup dengan rata-rata 81,26 pada mata pelajaran ekonomi konsep pendapatan nasional kelas XI IIS SMAN 1 Padalarang, (ii) terdapat pengaruh kecerdasan emosional sebesar 42,5%, (iii) terdapat pengaruh dukungan orang tua sebesar 31,5% (iv) terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 74%.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2023-07-12
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Oikos : Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.