ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN PURWOREJO

Authors

  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Risma Yulianty Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Dwi Septiana Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Dheliana Suwardi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Mar’atus Sholihah Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11459

Keywords:

Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran IPA, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan proses sains SD Muhammadiyah Se-Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang digunakan peserta didik dalam mengaplikasikan metode ilmiah untuk memahami, mengembangkan konsep sains, dan menemukan ilmu pengetahuan baru.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains peserta didik kelas V dari ke-4 SD Muhammadiyah se-Kabupaten Purworejo adalah dalam tahap mulai berkembang. Dari keenam indikator diperoleh bahwa indikator mengamati dan mengklasifikasi memiliki tingkat keterampilan yang tertinggi, untuk yang berada di tingkat sedang yaitu indikator memprediksi dan menafsirkan, sedangkan yang berada di tingkat rendah yaitu indikator menyimpulkan dan mengkomunikasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah, A., & Erman, E. (2021). ANALISIS UNSUR-UNSUR KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM BUKU IPA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 147-153.

Chen, D., Fitriani, R., Maryani, S., Rini, E. F. S., Putri, W. A., & Ramadhanti, A. (2021). Deskripsi keterampilan proses sains dasar siswa kelas VIII pada materi cermin cekung. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 50-55.

Darmayanti, N. W. S., & Setiawati, N. W. I. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 5(2), 119-127.

Fransyaigu, R., & Sukirno, S. (2020). Analisis Keterampilan Proses Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Journal of Basic Education Studies, 3(1), 32-43.

Jannah, I. N. (2020). Efektivitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54-59.

Jufrida, J., Basuki, F. R., Rinaldo, F., & Purnamawati, H. (2020). Analisis Permasalahan Pembelajaran Ipa: Studi Kasus Di Smpn 7 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(1), 50.

Kurniansah, E., Masfuâ, S., & Roysa, M. (2023). Analisis keterampilan proses sains siswa kelas 4 SD 03 Pecangaan pada pembelajaran tatap muka. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 19-26.

Murniati, M., Desti, M. A., & Sriyanti, I. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains (Kps) Mahasiswa Calon Guru Fisika Di Fkip Universitas Sriwijaya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 8(2), 208-217.

Kusumawati, N. (2022). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. AE MEDIA GRAFIKA.

Downloads

Published

2023-12-21