PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPAS BERBASIS PENDEKATAN STEM MATERI PANCAINDRA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS II DI SDN 3 BELOR

Authors

  • Muchlas Abrar Susanto Universitas PGRI Semarang
  • Siti Patonah Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13177

Keywords:

Pengembangan Modul Ajar, STEM , IPAS, Kreativitas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya pengembangan modul ajar IPAS berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dikelas II dan masih rendahnya kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar IPAS berbasis STEM kelas II di SDN 2 Belor yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kreativitas. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan R&D (Research & Development). Model pengembangan yang digunakan merupakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada SDN 3 Belor dengan target Fase A kelas II.  Data uji validitas didapatkan melalui lembar validasi para ahli. Data efektivitas didapatkan melalui observasi siswa. Sedangkan data kepraktisan didapatakan melalui angket respon guru. Berdasarkan hasil uji coba validitas dari lima orang validator yang sudah diolah menggunakan indeks aikens memperoleh skor komponen modul ajar 0,98 dengan kategori tinggi, materi 0,98 dengan kategori tinggi, bahasa 0,97 dengan kategori tinggi, media augmented reality 0,98 dengan kategori tinggi dan media konkrit 0,97 dengan kategori tinggi sehingga rata-rata hasil validasi indeks aiken yaitu 0,97 dengan kategori tinggi/ sangat valid. Hasil data efektivitas modul ajar mendapatkan skor    97,2 % dengan ketegori efektif karena adanya peningkatan kreatifitas 36,9%. Sedangkan kepraktisan modul mendapatkan skor 96,8% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul ajar IPAS berbasis STEM materi pancaidra untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas II di SDN 3 Belor yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, efektif dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainun, D., Putra, P. D. A., & Budiarso, A. S. (2021). Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pokok Bahasan Alat-Alat Optik dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 126–132.

Anggrayni, M., Amril, & Vilda Agustina. (2023). PENGEMBANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK IPAS DALAM KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SDN 01 SITIUNG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5812–5820.

Asni, W., Vita, I., & Dadang, A. (2018). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project Based Learning pada Siswa Kelas V SDIT LHI. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1430–1440.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38.

Marlina, Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2020). Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi. 17–36.

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Ndiung, S., Jediut, M., & Nendi, F. (2023). Kebutuhan Modul Ajar Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 157–164.

Pusat Sumber Belajar, Kurikulum dan PPL Lembaga Pengembangan (2023) Buku Pedolan Pengenalan Lapangan Persekolahan II. Semarang:Universitas PGRI Semrang.

Salsabilla, I. I., & Jannah, E. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 3(1), 33–41.

Sugiyono (2022) Metode penelitian kuantiatatif, kualitatif dan R&D. Bandung

Sumaya, A., Israwaty, I., & Ilmi, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang Application of STEM Approach to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students in Pinrang District. Pinisi Journal of Education, 1(2), 217–223.

Widiyanti, I. S. R., & Mizan, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Mahasiswa Prodi PGSD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(2), 330–345.

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan JURINOTEP, 1(3), 241–360.

Downloads

Published

2024-04-08