STUDI LITERATUR PENGARUH RAGAM MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Toni Efriyandika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Mujiati Magister Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Zulkifli Tambe Magister Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rr Eko Susetyarini Magister Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13199

Abstract

Education is a vehicle for improving and developing the quality of human resources. Apart from that, education is a set of processes in the form of instilling values, ideas, concepts and theories aimed at developing personality, knowledge, skills and behavior as well as achieving ideals and life goals. Achieving learning goals in the form of learning achievement is the result of learning activities. The quality in the classroom is influenced by many complex things that are interrelated with each other, for example learning methods, learning models, learning strategies and so on. The low level of student activity when learning biology occurs because students only receive information conveyed by their teacher. Students don't want to think, students don't want to try to find concepts and solve problems that have been given by their teacher. The aim of this research is to determine the influence of various learning models on students' critical thinking abilities in biology material based on literature studies. So this research is entitled "literature study of the influence of various learning models on students' critical thinking abilities in biology material".

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Salam, ‘Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Script Berbasis Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA’, Jurnal Pemikiran Pendidikan, Keagamaan Dan Transformasi Sosial, 6, 64–82.

Amalia Buntu, Abd Rauf, and Raya Agni, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Biologi’, Jurnal Kreatif Online (JKO), 8.4 (2020), 13–21.

Deti Ahmanit. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan

Inqury/Discovery. Jurnal Euclid. Vol 3. No 1. Hal 394-403.

E Mulyani, ‘Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Fasilitator And Explaining Terhadap Pemahaman Matematik Peserta Didik.’, 2, 1.

Harlinda, Fatmawati, dkk, 2014, Analisis Berpikir Kritis Peserta didik dalam Pemecahan Masalah Matematika Berasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian pada Peserta didik Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). Journal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol 2. No 9. hlm 899-910. ISSN: 2339-

Linda Herawati and Elis Nurhayati,

‘Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8.1 (2019), 131–42 <https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.419>.

M. Widiani dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah Open- Ended Terhadap kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kintamani. Vol 4.

Mariani Natalima dkk. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Pekan Baru. Jurnal Biogenesis. Vol 10. No 1. 1 Juli 2013.

Minarti Taib, ‘Pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, Komunikatif, Dan Kolaboratif’, Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5.2 (2021), 465–86 <https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.345>.

Nada Thahira dkk. Penerapan Strategi Kooperative Script Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Pernapasan Kelas XI MAS PAB 1 Simpali. Jurnal Biology Education Science. Vol

No 2. Agustus 2022. hlm 91-96. ISSN 2658-4652.

Napitupulu Marolop, ‘Pengaruh Belajar Daring Berbantu Mind Map Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Todano’, Jurnal SAINS Pendidikan Biologi,

2 (2020), 30–37.

Nina Gantina. Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Jurnal Inovasi Riset Akademik. Vol 1. No 1. 1 Agustus 2021.

Rahma Darnella, Syarifah Syarifah, and Dini Afriansyah, ‘Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di MAN 1 Palembang’, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains,

1 (2020), 73–86 <https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5579>.

Rihana Wati and NorraBunga Ihda, ‘Pengembangan Media Mind Map Pada Model Pembelajaran Advance Organizer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Protista’, Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 2.11 (2020), 122–30.

Riyandi, Nor Hidayati, Zevira Fransisca Aurora, Bambang Supriano, ‘Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi : Metode Penugasan Mind Mapping Menggunakan MindMeister Pada Materi Pencemaran Lingkungan’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 08.2010 (2022), 125–30.

Saudiah, ‘Implementasi Model Pembelajaran Reading Concept Map Students Teams Achievments Divisons Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1’, Jurnal Pendidikan IGI Aceh Utara, 1 (2022).

Sepe and Buku Nahrul Haya dkk, ‘Jurnal Biology Science & Education 2018 Jurnal Biologi Science & Education, 7.1 (2018), 29–41.

Sri Mulyani. Perbandingan Model Pembelajaran Cooperrative Script dan Model Pembelajaran TPS ( Think, Pair Share) Terhadap Hasil Belajar Biologi. Konsep Perbuahan Lingkungan Kelas X SMA Negeri 11 Maros. FKIP UMMA. Vol 1. 2019. ISSN 2517-4866.

Suranto Aw, Rosidah, and Joko Kumoro, ‘Efisiensi Kajian Ilmu Administrasi’, Prodi P.ADP FF UNY, 13.1 (2015), 1–100.

Susriyati Mahanal, Shila Avila, and Siti Zubaidah, ‘Potensi Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Mapcooperative Script (Remap-Cs) Dan Gender Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Kota Malang’, Prosiding Semnas Pendidikan Biologi, 2006, 2018, 505–11.

Teuku akhrizal and Uswatun Hasanah, ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas X Sma Negeri 1 Kluet Tengah’, BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 8.2 (2021), 200.

Zico Fakhrur Rozi, Harmoko Harmoko, and Ferty Lia Teresa, ‘Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Lubuklinggau’, BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1.1 (2018), 23–33 <https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i1.256>

Downloads

Published

2024-04-08