PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Risma Nur Arsyah Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta
  • M. Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13246

Keywords:

motivasi belajar, pemberian reward

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dari dua sekolah dasar di Kecamatan Setiabudi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling yaitu siswa kelas IV, V, dan VI di masing-masing sekolah dengan total 104 siswa. Instrumen yang digunakan ialah kuesioner model Skala Likert. Dari 104 siswa yang terlibat, 43 siswa berada dalam kategori sangat baik, dengan persentase sebesar 41,35%, 52 siswa yang berada dalam kategori baik, dengan persentase 50%, 9 siswa berada dalam kategori cukup, dengan persentase 8,65%, dan tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori kurang dan gagal dengan persentase 0%. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata motivasi belajar 78,37. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh maka pemberian reward berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. R., & Rosyid, M. Z. (2018). Reward & Punishment Dalam Pendidikan. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Aflizah, N., & Hasri, S. (2024). Reward Sebagai Alat Motivasi dalam Konteks Pendidikan : Tinjauan Literatur. 8, 4300–4312.

Amiruddin, A., Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210–219. Https://Doi.Org/10.47709/Educendikia.V2i01.1596

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229.

Fadli, R. (2021). Tahap Perkembangan Anak Usia 10-12 Tahun. Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/tahap-perkembangan-anak-usia-10-12-tahun

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif. Jurnal Edunomic, 6(2), 93–102. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/229997374.Pdf

Gunawan, B. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Minat, Sikap Dan Perilaku Positif Siswa Di MA Nurul Iman Kasui Kabupaten Way Kanan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6328–6341. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2807

Hima, L. R., & Palayukan, H. (2023). Analisis Pemberian Reward Oleh Guru Untuk Kurikulum Merdeka. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). Https://Doi.Org/10.31100/Histogram.V6i2.2380

Muh Ibnu Sholeh. (2023). Pengakuan Dan Reward Dalam Manajemen SDM Untuk Meningkatkan Motivasi Guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212–234. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i4.41

Nasrudin, F. (2015). Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas vi sd negeri di sekolah binaan 02 kecamatan bumiayu kabupaten brebes. Universitas Negeri Semarang.

Novriana, I., Disurya, R., & Ayu, I. R. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 1 Di Sdn 3 Rambutan. Journal On Teacher Education, 4(1), 685–690.

Nurrohmatulloh, A. F., & Mulyawati, I. (2022). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8441–8449. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3838

Pettasolong, N. (2017). Implementasi Budaya Kompetisi Melalui Pemberian Reward And Punishment Dalam Pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 38–52. Https://Journal.Iaingorontalo.Ac.Id/Index.Php/Tjmpi/Article/View/388

Rahmiati, & Azis, F. (2023). Peranan Guru Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Siswa diSMPN 3 Kepulauan Selayar. Journal Of Social Science Research, 3, 6007–6018.

Rizky, O. :, Mabruri, A., & Yogyakarta, U. N. (2016). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah Piyaman The Influence Of Rewards Towad The Learning Motivation Of Science Study Of Fourth Grade Students In Sd Muhammadiyah Piyaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 32, 5.

Sihotang, H. (2023). Metode penelitian kuantitatif.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa indonesia siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106–117. http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/93

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Sultan, M. A., & Ruslan, R. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19 di SDN 273 Anabanua Kabupaten Wajo. Jurnal Sinestesia, 11(2), 2021. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/68

Zakiah, L. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ppkn Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 272-281.

Downloads

Published

2024-04-13