NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA FILM HICHKI

Authors

  • Adinda Khairunnisa Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • Agil Nahar Febri Ema Tri Jida Maharani PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • Tessalonika Reinhard Putri PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • Citra Ashri Maulidina PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13291

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Pendidikan Khusus, Hichki, Bullying

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pendidikan multikultur pada film “Hickhi” sebagai bentuk menghargai perbedaan. Sumber data diperoleh dengan mengamati cerita dari film “Hickhi” secara langsung. Teknik untuk mengumpulkan data menggunakan ulasan film atau mendengarkan dan mempelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai multikultural yang disampaikan melalui adegan dalam film “Hickhi”. Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film “Hickhi” dapat dipahami dari dialog dan adegan yang dimainkan oleh para pemain atau aktor dalam film tersebut. Film “Hickhi” berisi nilai-nilai pendidikan multikultural yang relevan sebagai pembentukan karakter siswa dalam memahami perbedaan. Film  ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang bertujuan pembentukan karakter siswa dalam memahami perbedaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyono, H., & Susanti, Y. (2019). Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film animasi Upin ipin episode Esok hari raya, Gong xi fa cai, dan Deepavali. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 3(01), 70-84.

Choirul Mahfud, 2014. Pendidikan Multikultural, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2014). hal. 175

Damayanto, A., Prabawati, W., dan Jauhari, M. N. 2020. Kasus Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Ortopedagogia Vol. 6 No. 2, http://journal2.um.ac.id/index.php/jo

Mahi M. Hikmat, 2011. Metodologi Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra, (Yogyakarta, GRAHA ILMU, 2011). hal. 107

Wijaya, R. S. (2021). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA FILM" HICKHI"(CEGUKKAN) DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 28-32.

Downloads

Published

2024-04-22