SURVEI DESKRIPTIF: LITERASI DIGITAL SISWA KESULITAN BELAJAR, SDN CEMPAKA PUTIH TIMUR 01PG

Authors

  • Febe Patricia Lawalata Universitas Negeri Jakarta
  • Petrus Paulus Mbette Suhendro Universitas Negeri Jakarta
  • Fahrurrozi
  • Uswatun Hasanah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13261

Keywords:

Literasi Digital, Siswa, Kesulitan belajar

Abstract

Siswa sekolah dasar dengan kesulitan belajar seringkali menghadapi tantangan unik dalam memahami dan berinteraksi dengan teknologi digital, sehingga penelitian ini dapat memberikan gambaran yang akurat tentang sejauh mana kompetensi mereka dalam literasi digital yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini menerapkan metode survei untuk menemukan data secara langsung dengan pendekatan kuantitatif. Keterampilan literasi digital siswa kesulitan belajar di SDN Cempaka Putih Timur 01PG literasi digital siswa kesulitan belajar terbagi menjadi tiga kategori, yaitu 26,67% memiliki literasi digital yang sangat baik, 70% memiliki literasi digital yang baik, 3,33% memiliki literasi digital yang cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bayu, D. (2022). Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022. Dataindonesia.Id

Fernanda, F. F. H., Rahmawati, L. E., Putri, I. O., & Nur’aini, R. (2020). PENERAPAN LITERASI DIGITAL di SMP NEGERI 20 SURAKARTA. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12842.

Gilster, P., & Watson, T. (1997). An Excerpt from Digital Literacy. Digital Literacy.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method) (hlm. 40–41). Hidayatul Quran.

KEMENKOMINFO. (2021). Peluncuran Program Literasi Digital Nasional. KEMENKOMINFO RI.

Kusumastuti, F., Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2021). Pengantar Etis Bermedia Digital. In Modul Etis Bermedia Digital. https://literasidigital.id/books/modul-etis-bermedia-digital

Liansari, Vevy & Nuroh, Ermawati Z. (2018). Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.Proceedings of The ICERS, 1(3), 241-252

Linda Zakiah. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PPKN SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 272–281. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.19056

Nasrullah, Rullie dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Putri, I. I. M., Rmiyanti, R., & Ningsih, E. R. (2020). Realisasi Gerakan Literasi Digital Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sekolah Muhammadiyah Pangkalan Bun. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 87–99. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12836

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif (1 ed.). Penerbit Alfabeta.

Syaripudin, Acep dkk. (2020). Kerangka Literasi Digital Indonesia. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/04/4.-Seri-Buku Literasi-Digital-Kerangka-Literasi-Digital-Indonesia.pdf

Downloads

Published

2024-04-17

Most read articles by the same author(s)