ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA DENGAN KESULITAN BELAJAR (SURVEI DESKRIPTIF DI SD NEGERI CEMPAKA PUTIH TIMUR 01 PAGI)

Authors

  • Amelia Putri Pertiwi Universitas Negeri Jakarta
  • Petrus Paulus Mbette Suhendro PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • Fahrurrozi PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13262

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kesulitan belajar, sekolah dasar

Abstract

Di era modern ini pendidikan bukan hanya sekedar mengedepankan kecerdasan intelektual siswa melainkan juga kecerdasan emosionalnya yang dapat berpengaruh di kehidupan sehari-hari. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tingkat kecerdasan emosional di kalangan siswa SD Negeri Cempaka Putih Timur 01 Pagi, khususnya mereka yang mengalami kesulitan belajar. Motivasi penelitian ini muncul dari observasi awal yang menunjukkan bahwa sejumlah siswa di sekolah tersebut menghadapi kesulitan dalam mengenali dan mengelola emosi mereka sendiri, serta dalam berinteraksi secara positif dengan teman-teman mereka. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa mayoritas siswa memiliki tingkat kecerdasan emosional yang sangat baik, ditandai dengan nilai kecerdasan emosional yang variatif namun memiliki rata-rata yang tinggi. Namun, ditemukan bahwa beberapa aspek kecerdasan emosional, seperti pengelolaan diri dan empati, masih memerlukan peningkatan. Hasil yang signifikan lainnya adalah tidak adanya siswa yang dikategorikan memiliki kecerdasan emosional yang kurang atau sangat kurang. Temuan ini menyoroti potensi besar yang dimiliki oleh siswa, sekaligus menggarisbawahi pentingnya upaya lebih lanjut dalam mendukung pengembangan kecerdasan emosional, terutama bagi mereka yang menghadapi tantangan dalam belajar, untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesuksesan mereka dalam lingkungan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, A. S., Katmajaya, S. S., Hakam, K. A., Syaodih, E., & Zakiyyah, W. L. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap sosial pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 434-443.

Fauziah. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling UIN AR-RANIRY. UIN ARRANIRY: Jurnal Penelitian Pendidikan, 01 (1) hlm. 90-98

Goleman, Daniel. (2015). Emotional Intelligence, Kecerdasan emosional Mengapa EI Lebih Penting dari IQ”. Terjemahan oleh T Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Pendidikan Nasional.

Handayani, S. W., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2021). Kecerdasan Emosional Anak Sekolah Dasar Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 446-456.

Howard Gardner, Multiple Intelligences: New Horizons (New York: Basic Books, 2006)

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal artefak, 7(1).

Linda Zakiah. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PPKN SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 272–281.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55-75.

Sastradiharja, E. J., Sarnoto, A. Z., & Nurikasari, N. (2023). Pengembangan Kecerdasan Emosi Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 85-100.

Sudjana, N. Ibrahim. 2009. Penelitian dan penilaian pendidikan.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2018)

Supriyanto, D. H. (2021). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Proses Berfikir Siswa Kelas IV dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 85-90.

Yapono, Farid & Suharnan. (2013). KonsepDiri, Kecerdasan Emosi Dan Efikasi Diri. Jurnal Psikologi Indonesia, 02 (3), hlm. 208-216

Downloads

Published

2024-04-17

Most read articles by the same author(s)