KONTRIBUSI MOTOR ABILITY TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DASAR DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS
Keywords:
Contribution. Motor Ability, Skills, Basic Techniques, Badminton ExtracurricularAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji apakah terdapat Kontribusi Motor Ability Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Bulutangkis. Permasalahan penelitian ini adalah: apakah ada hubungan antara motor ability dengan keterampilan teknik dasar bermain bulutangkis. Metode penelitian menggunakan penelitian korelasi. Populasi siswa ekstrakurikuler bulutangkis SMPN 2 Karawang Timur 2024. Adapun teknik sampling menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara Motor Ability (X) dan Keterampilan Bulutangkis (Y). Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi, nilai r hitung untuk hubungan Motor Ability (X) dengan Keterampilan Bulutangkis (Y) adalah sebesar adalah sebesar 0,622 > r tabel 0.444, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi antara Motor Ability dengan Keterampilan Bulutangkis, dengan persamaan regresi Y = 115.249 + 0,039 X. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,387 atau sama dengan 38,7%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel Motor Abiliy (X) dan Keterampilan Bulutangkis (Y) berpengaruh sebesar 38,7%. Sedangkan sisanya (100% - 38,7% = 61,3%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti. Dikarenakan nilai koefisien regresi bernilai plus (+), maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa Motor Ability (X) berpengaruh positif terhadap Keterampilan Bulutangkis (Y), Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Kontribusi Motor Abilty Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Bulutangkis, yang berarti semakin tinggi Motor Ability, maka semakin tinggi juga Keterampilan Bulutangkis.Downloads
References
Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. PUSTAKA PELAJAR.
Indra, J. (2020). Buku Statistik Penelitian Pendidikan.
Nana Suryana Nasution, I. H. (2021). Belajar Bermain Bulutangkis. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju ( YPSIM ).
Nurhasan. (2000). Tes Dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatah.
Sapta Kunta, P. (2010). Kepelatihan Bulutangkis Modern (M. R. Slamet Riyadi (ed.); 1st ed.). Yuma Pustaka.
Aminuddin, H. dan. (2019). Pengertian Bulutangkis (Badminton) Universitas Negeri Sriwijaya. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492
Asnaldi, A. (2023). Motor Ability Dan Konsentrasi Dalam Penguasaan Kata Heian Yodan (M. P. Darmawan Edi Winoto, S.Pd. (ed.); 01 ed.). CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. PUSTAKA PELAJAR.
Bagus, R. (2023). LATIHAN TEMBAK SASARAN UNTUK MENINGKATKAN KETEPATAN PUKULAN SERVIS PENDEK BACKHAND PADA PEBULUTANGKISANAK-ANAK PB. POWER JETIS BANDUNGAN. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR), 8(01).
Bangkit Gala Persada, K. (2019). Hubungan Motor Ability dengan keterampilan teknik dasar bermain futsal pada klub atlat muda futsal semarang tahun 2019. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 4(2), 132–141.
Gani, R. A., & Achmad, I. Z. (2020). Physical Fitness Swimming Athlete In UNSIKA. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(2), 115–125. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i2.784
Ichsanudin, I., & Gumantan, A. (2020). Tingkat Motivasi Latihan Ukm Panahan Teknokrat Selama Pandemi Covid. Journal Of Physical Education, 1(2), 10–13. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.587
Indra, J. (2020). Buku Statistik Penelitian Pendidikan.
Juharti. (2019). Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep.
Kusnandar, Panuwun Joko Nurcahyo, & Didik Rilastiyo Budi. (2021). Fundamental Movement Skills: Identifikasi Keterampilan Gerak Dasar Olahraga Pada Siswa. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(2), 265–270. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i2.1473
Nusufi, M. (2016). Hubungan Kemampuan Montor Ability dengan Keterampilan Bermain Sepak Bola pada Klub Himadirga Unsyiah. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 02(01), 4–10. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1007793
Priadana, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Pustaka Pelajar.
Ramadan, G., Mulyana, N., Iskandar, D., Juniarti, Y., & Hardiyanti, W. E. (2020). Physical Education for Early Childhood: The Development of Students’ Motor in Athletics Basic Motion. 21(Icsshpe 2019), 83–86. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.023
Rianto, A. K. Y., Mahardhika, D. B., & Purbangkara, T. (2023). Teori Belajar Motorik. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sahabuddin, S. (2020). Analisis kinerja guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap motor ability dan hasil belajar pada siswa SD Negeri di Kabupaten Pinrang. Journal Coaching Education Sport, 1(1), 35–48.
Saputri, L. I. (2012). Kecepatan Terhadap Hasil Footwork Mahasiswa Ukm Bulutangkis Fik Unnes Tahun 2012.
Sasmarianto, S., & Kamarudin, K. (2023). Motor Ability of Elementary School Students in Upper Class. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 6–11. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.53
Sugiyono, D. P. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA,cv.
Tarmizi, T. (2022). Pengaruh Latihan Kelincahan Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Kaki Pada Pemain PSM FC Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Universitas Islam Riau.
Wati, S., Sugihartono, T., & Sugiyanto, S. (2018). Pengaruh Latihan Terpusat Dan Latihan Acak Terhadap Hasil Penguasaan Teknik Dasar Bola Basket. Kinestetik, 2(1), 36–43. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9185
Yahya, I. A., & others. (2022). Pengaruh Latihan Small Side Game terhadap Ketepatan Passing pada Siswa Peserta Ekstrakulikuleh Sepak Bola MTS AL Amin Pakis. Gymnasia: Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 21–30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.