PENERAPAN MEDIA E-STORY BOOK PEMBIASAAN NORMA BERBASIS PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN KONSEP NORMA SISWA KELAS V SDN JATISARI SEMARANG
Keywords:
habituation of norms e-story book, culturally responsive teaching, reading comprehensionAbstract
Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang menarik dan interaktif menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Jatisari Semarang. Pembaharuan media pembelajaran yang menarik dan terintegrasi dengan lingkungan sekitar siswa dapat menjawab tantangan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan media e-story book pembiasaan norma berbasis pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan menguji keefektifan media e-story book pembiasaan norma berbasis pendekatan CRT dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Jatisari Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mix method) yang mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan. Metode kualitatif yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang datanya diperoleh dari langkah-langkah penerapan media e-story book pembiasaan norma berbasis pendekatan CRT. Metode kuantitatif yang digunakan adalah pretest-posttest one group design yang datanya diperoleh dari nilai pretest dan posttest membaca pemahaman siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media e-story book pembiasaan norma berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan model Problem Based Learning terdiri dari 5 tahapan yaitu berorientasi pada masalah, pengorganisasian kelompok belajar, penyelidikan individu atau kelompok, hingga presentasi dan evaluasi hasil. Berdasarkan hasil pretest dan posttest diketahui bahwa media e-story book pembiasaan norma berbasis pendekatan CRT efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa yang ditampilkan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 60,25 menjadi 80,71 saat posttest, dan hasil uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,52 dengan kriteria sedang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media e-story book pembiasaan norma berbasis pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas V SDN Jatisari. Kata Kunci: E-Story Book Pembiasaan Norma, Pengajaran Responsif Budaya , Membaca PemahamanDownloads
References
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). Pengembangan Media E-Story Book Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Dongeng Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1939–1954.
Aulia, M., Yamin, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. In Oktober Tahun (Vol. 3, Issue 3). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 102–113.
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493
Haqqah, M., & Nugraha, U. (2023). Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Pembelajaran Media Buku Cerita Bergambar pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 8(2), 74–84. https://doi.org/10.22437/jptd.v8i2.24106
Imanulhaq, R., & Ichsan, I. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran. Jurnal WANIAMBEY : Journal of Islamic Education, 3(2).
Khoirotinnisa, A., Avrina Rachma, A., Gerry, D., Aryanza, P., Rawanoko, S., Keguruan, F., & Artikel, R. (2024). Pengaruh Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Ilmiah, 1(12), 1157–1167. https://doi.org/10.62335
Lestari, W. D., Yuniawatika, Y., & Rahmawati, H. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Language Literature and Arts, 4(11), 1103–1109. https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1103-1109
Mardiyanti, L., Maula, L. H., Amalia, A. R., Heryadi, D., & Ramdani, I. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Big Book Sukuraga di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6387–6397. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3227
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116–152.
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. www.jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/index
Oktavia, M., & Teja Prasasty, A. (2019). Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre And Post Test. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1), 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439
Purwono, Hasyim, F., Purnasari, N., & Juniatmoko, R. (2021). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). Guepedia.
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (CIRC). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406
Reizal Muhaimin, M., Uzlifatun Ni, N., & Pratama Listryanto, D. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf
Rofah, A. N., & Mulyawati, I. (2022). Pengaruh Media Kartu Kata terhadap Keterampilan Literasi Bahasa Peserta Didik Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(4), 7556–7562. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3583
Salvia, N. Z., Putri Sabrina, F., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan, 351–360.
Subekti, I., Kristiani Mendrofa, V., Petra Christian University, P., & Kristen Sunodia, S. (2024). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa The Effect of SQ3R Method on Students’ Reading Comprehension Skills. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(1), 79–87.
Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Curere, 2(2), 141–152.
Tusfiana, I. A., & Tryanasari, D. (2020). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Kesulitan membaca pemahaman siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 78–85. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Wijayanti, T. I., & Utami, R. D. (2022). Mengembangkan Keterampilan Membaca dan Menulis Melalui Berbagai Metode dan Media Pembelajaran yang Bervariasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 5104–5114. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3039
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.