PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI UPT SPF SD NEGERI MANGKURA V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23418Keywords:
media Augmented Reality, motivasi belajar, hasil belajar, sistem pencernaan manusia.Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V di UPT SPF SD Negeri Mangkura V. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media Pembelajaran interaktif berbasisi Augmented Reality sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar IPAS peserta didik pada materi sistem penceraan Manusia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V, sedangkan sampelnya adalah kelas V.9 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas V.10 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 27 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia berupa pretest dan posttest. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisis data menggunakan analisis independent sampel t-test (uji-t). Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh sign.(2-tailed) = 0.000 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality berpengaruh secara segnifikan terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS pada peserta didik UPT SPF SD Negeri Mangkura V pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia.Downloads
References
Buku :
Aditama, P. W., Nyoman Widhi Adnyana, I., & Ayu Ariningsih, K. (2021). Augmented Reality Dalam Multimedia Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 176–182.
Agustian, Niar, and Unik Hanifah Salsabila. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” Islamika 3, no. 1 (2021): 123–133.
Alan Januszewski & Kay A. Persichitte, “A History of the Aect‟s Definitions of Educational Technology”, (New York: Taylor & Francis Group, 2008), 270.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. PT. Asdi Mahasatya : Jakarta
Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. 1(80), 33–40.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian. Alfabeta : Bandung,
Sugiyono. 2019 Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Suryani, Nunuk. dkk. 2018. Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung
Suryani, Nunuk. dkk. 2018. Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung
Artikel dan Jurnal
Acesta, Arrofa, and Milla Nurmaylany. “Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 4, no. 2 (2018): 346–352
Anugrah Pekerti, Briyan. 2017. “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Banyumas pada Mata Pelajaran IPA Tata Surya,” ( Skripsi S1 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Emda, Oem Amna “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran,” Lantanida Journal, Vol. 5, No. 2
Faiza, Maya Nurani, Muhammad Turhan Yani, and Agus Suprijono. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 8686–8694.
Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality Sebagai Upaya Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 771–776.
Fitriyah, Lailatul. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality ( Ar ) Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Pengembangan, 2023.
Hidayat, Anwar. “Identifikasi Variabel.” 14 O, no. X (2020): 1. https://www.statistikian.com/2012/10/variabel-penelitian.html.
Jazillah, Nur. 2016. “Aplikasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu untuk Anak,” ( Skripsi S1 Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Murti, K.E. (2013). Pendidikan Abad 21 Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Di Sekolah Mennegah Kejuruan (SMK) Untuk Paket Keahlian Desain Interior. Diakses pada tanggal 03 September 2024 pada jam 14.58 WITA
Pengelola web kemdikbud (2023). Peringkat Indonesia pada PISA. Diakses pada 09 September 2024
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302
Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561
Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459–470.
Tekedere, H & Goker, H. (2016). “Examining the Effectiveness of Augmented Reality Application in Education: A Mate-Analysis”. International journal Of Environmental & Science Education, 11 (16): 9470.
Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32.
Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64.
Yuen SC, Yaoyuneyong G, & Johnson E. (2011). Augmented reality: an overview and five directions for AR in education. Journal of Educational Technology Development and Exchange.
Zulfahmi, Mochamad, and Setya Chendra Wibawa. “Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Dan Respon Siswa.” It-Edu 5, no. 1 (2020): 334–343.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.