ANALISIS EFEKTIVITAS MODUL AJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD) PADA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sasmita Tenri Hadinda Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Makassar
  • Rohana Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Makassar
  • Sayidiman Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23693

Keywords:

Pendekatan Understanding by Design (UbD), tujuan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk Mengetahui efektivitas modul ajar dengan pendekatan Understanding by Design (UbD) pada ketercapaian tujuan pembelajaran di sekolah dasar terkhususnya di UPT SPF SDN KIP Bara-Baraya I Kota Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) Bagaimana efektivitas modul ajar yang menggunakan pendekatan Understanding by design (UbD)? 2) Bagaimana ketercapaian tujuan pembelajaran di sekolah dasar menggunakan modul ajar pendekatan Understanding by design (UbD)? Dari rumusan masalah tersebut tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui efektivitas modul ajar dengan pendekatan Understanding by design (UbD) 2) Mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran di sekolah dasar menggunakan modul ajar pendekatan Understanding by design (UbD). Fokus penelitian ini adalah menganalisis efektivitas pembelajaran yang menggunakan modul ajar pendekatan Understanding by Design (UbD) untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 1 dan 4, data diperoleh dari 7 orang informan, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis  melalui 3 tahap yaitu  reduksi data,  menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul ajar dengan pendekatan Understanding by Design (UbD) memberikan dampak positif. Pendekatan ini berhasil menciptakan pembelajaran yang terstruktur, bermakna, dan berorientasi pada pencapaian tujuan yang jelas. Implementasi pendekatan UbD terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Clayton, S. (2011). Understanding by design: Designing learning, assessment and teaching for understanding. ASCD Singapore, 16, 63–66.

Dano Ali, Y. N. (2023). Application of backward design in designing learning with the observation-based learning method. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(1), 13–28. https://doi.org/10.17509/curricula.v2i1.54828

Halimah, A. N., Dewi, L., & Indonesia, U. P. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN caXra : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 03(01), 54–64.

Kemendikbud. (2024). Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Permendikbud No. 20. (2022). Standar Penilaian Pendidikan Permendikbudristek No 21 tahun 2022. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi, 3. https://www.gurusumedang.com/2022/06/standar-penilaian-pendidikan.html

Resa, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Pendekatan Understanding by Design. Jurnal Primary, 4(1), 1–8. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Wati, W. (2022). Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Understanding by Design Pada Pembelajaran PAI SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah. 2, 373–378.

Downloads

Published

2025-03-30

Most read articles by the same author(s)