PERANAN BAHASA ARAB DALAM MEMAHAMI AL- QUR'AN DAN HADIST
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23448Keywords:
Ayat, Hadits, Materi A Hadits Madrasah AliyahAbstract
Bahasa Arab memiliki peranan yang sangat penting dalam memahami Al-Qur'an dan Hadits, karena kedua sumber utama ajaran Islam ini diturunkan dalam bahasa Arab. Penguasaan bahasa Arab yang baik memungkinkan seorang Muslim untuk memahami teks-teks suci ini secara langsung tanpa bergantung pada terjemahan, yang sering kali tidak dapat sepenuhnya menangkap nuansa dan makna asli. Dalam konteks pengabdian masyarakat, upaya meningkatkan pemahaman bahasa Arab di kalangan masyarakat umum menjadi sangat relevan. Program pelatihan bahasa Arab yang intensif dapat membantu peserta untuk memahami tata bahasa, kosakata, dan konteks penggunaan bahasa Arab dalam Al-Qur'an dan Hadits. Hasilnya menunjukkan bahwa pemahaman yang baik tentang bahasa Arab secara signifikan meningkatkan kemampuan peserta dalam menginterpretasikan teks-teks agama dengan lebih akurat dan mendalam. Selain itu, pemahaman bahasa Arab juga membantu dalam mengapresiasi keindahan sastra dan retorika yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Hadits, yang pada gilirannya memperkuat keimanan dan ketakwaan. Oleh karena itu, penguasaan bahasa Arab menjadi kunci dalam memperdalam pemahaman ajaran Islam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Abstrak ini menekankan pentingnya penguasaan bahasa Arab untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam dengan lebih baik.Downloads
References
Al-Hasyimi, A. (2007). al-Qawaid al-Asasiyyah li al-Lughah al-Arabiyyah. Bairut: Dar Al Kutub Al-‘Ilmiyyah, 1354.
Arikunto, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Asy’Ari, H. (2016). Keistimewaan bahasa arab sebagai bahasa Al-Qur’an. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 21–28.
Basiran, B., & Gustianti, E. (2023). PERAN BAHASA ARAB DALAM MEMOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN DAN HADITS SISWI SMP-IT IMAM SYAFI’I TALIWANG SUMBAWA BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2498–2504.
Burhanuddin, B., & Saidah, M. (2024). PERAN BAHASA ARAB TERHADAP AL-HADIS DALAM DAKWAH ISLAM: TAFSIR DAN INTERPRETASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14270–14279.
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (3rd ed.). Los Angeles, CA: Sage.
Fauji, H., Faturohman, A. A., & Jamarudin, A. (2022). Tafsir Al-Quran Bi Al-Quran dalam Kitab Fushul Fi Ushul Tafsir Karya Musa’id Bin Sulaiman Al-Thayyar. Definisi: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 1(2), 113–122.
Hermawan, A. (2013). Metodologi pembelajaran bahasa Arab.
Kemenag. (2016). Al-Qur’an Terjemahan.
Mulyani, R. (2024). PENTINGNYA BELAJAR BAHASA ARAB DALAM MEMAHAMI AL-QUR’AN DAN HADITS. AL-MA’LUMAT: JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN, 2(1), 33–39.
Ningrum, N. N. (2016). Pengaruh Kemampuan Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Al-Quran Hadits Siswa Smp Tahfidz Al-Amien Prenduan Sumenep. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nurhayati, Fidri, M., & Saputra, D. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Batam. 1(1), 1–9.
Osman, R. A. H., & Hassan, M. I. A. (2022). Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai bahasa al-Quran dan Kepentingan Menguasainya Bagi Para Mufassirīn: The Privilege of Arabic as the Language of the Qur’an and the Importance of Mastering It for the Mufassirīn. AL-HIKMAH: INTERNATIONAL JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES AND HUMAN SCIENCES, 5(2), 325–342.
Sa’dudin, I., Hafizd, J. Z., & Safitri, E. (2022). The Arabic’s Significant Role In The Understanding Of Islamic Law. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 6(2), 371. https://doi.org/10.26858/eralingua.v6i2.34716
Safitri, W. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI SDI INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM 02 BATAM. JURNAL AS-SAID, 1(2), 52–59.
Salida, A., & Zulpina, Z. (2023). Keistimewaan Bahasa Arab sebagai Bahasa Al-Quran dan Ijtihadiyyah. Jurnal Sathar, 1(1), 23–33.
Suib, M. (2022). ESENSI DAN SEBAB KESULITAN BERBAHASA ARAB SERTA PENANGANANNYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN. JURNAL TA’LIMUNA, 1(1), 84–91.
Usman, I. (2019). The Role of Arabic Language in Understanding the Teaching of Islam with Particular Reference to the Glorious Qur’an. EAS Journal of Humanities and Cultural Studies, 1(4), 265–269. Retrieved from http://www.easpublisher.com/easjhcs/
Wajdi, M. B. N., Husniyah, N. I., Ahmad, V. I., Putra, M. I. S., & Syarofi, A. M. (2023). Understanding the Quran Holistically: Interdisciplinary Study of the Language and Linguistics of the Quran. BASA Journal of Language & Literature, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.33474/basa.v3i1.19596
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.