PERANAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA DI SDII LUQMAN AL-HAKIM BATAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26609Keywords:
Peran orang tua, hafalan Al-Qur'an, program TahfidzAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran orang tua dalam meningkatkan hafalan siswa di SDII Luqman Al-Hakim Batam, khususnya pada program tahfidz Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan subjek penelitian orang tua siswa kelas 4 hingga 6 yang aktif dalam program tahfidz. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan penting dalam proses hafalan anak, baik sebagai pembimbing, motivator, maupun pengawas. Pembimbingan dilakukan dengan mendampingi anak saat menghafal dan memberikan koreksi, motivasi diberikan melalui pujian dan hadiah untuk meningkatkan semangat anak, sementara pengawasan dilakukan dengan memantau kegiatan belajar anak di rumah. Faktor pendukung dalam peningkatan hafalan adalah lingkungan yang kondusif di rumah serta komunikasi yang baik antara orang tua dan sekolah. Sebaliknya, faktor penghambat meliputi kesibukan orang tua dan kurangnya pengetahuan orang tua tentang teknik menghafal yang efektif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi orang tua dan pendidik tentang pentingnya peran orang tua dalam mendukung keberhasilan program hafalan Al-Qur'an di sekolah.Downloads
References
Adawiah, R. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Anak di Kuttab Al-Fatih Tangerang Selatan. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ali, H., & Limakrisna, N. (2013). Metodologi penelitian (petunjuk praktis untuk pemecahan masalah bisnis, penyusunan skripsi, tesis, dan disertasi). Yogyakarta: Deepublish Store (CV. Budi Utama).
Arikunto, S. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiyanti, S., Supriyadi, A., & Republika, I. (2018). PERANAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI TAHFIDZ QURâ€TM AN SISWA PADA SDIT AL-FALAH KOTA CIREBON (Studi kasus mengenai peranan orang tua dalam membantu anaknya dalam menghafal ayat-ayat Qurâ€TM an). LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 22(1), 35–43.
Creswell, J. W. (2012). Education Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. USA: Person Education. Inc.
Hanafi, H. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Anak. 1(3), 45. https://doi.org/10.62387/elementarypedagogia.v1i3.48
Iswandi, I. (2022). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL QUR’AN ANAK DIDIK DI TPA NURUL QUR’AN BANDAR BARU, KEC. RANAH SASAK PASISIE, KAB. PASAMAN BARAT. Jurnal Pavaja: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 1–11.
Moleong, J. (2006). Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif Cetakan keduapuluh dua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukhammad. (2025). PERANAN BAHASA ARAB DALAM MEMAHAMI AL- QUR’AN DAN HADIST.
Mukhammad, M. (2024). PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ILM AL-ASHWAT SISWA KELAS V SDII LUQMAN AL-HAKIM BATAM: Bahasa Indonesia. Jurnal Mumtaz, 4(2), 129–140.
Nurhayati, N. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Guru di Sekolah Dasar Islam terpadu Kepulauan riau. Jurnal Literasiologi, 11(1).
Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM : SISTEM PENDIDIKAN , PENGELOLAAN PENDIDIKAN , DAN TENAGA PENDIDIKAN ( LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ). 3(1), 451–464.
Qanitah, A., Kurniawan, B., & Murtopo, B. A. (2022). Peran Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Juz ‘Amma Siswa MI Ma’arif Ampih. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(3), 410–418.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wirareja, Y., & Sa’adah, N. (2023). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Dalam Menghafal Al-Qur’an. Cons-Iedu: Islamic Guidance and Counseling Journa, 3(1), 11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.