IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDIT DARUSSALAM

Authors

  • Suriyah Sekolah Tinggi Agama Islam Ar-Ridho Bagansiapiapi, Indonesia
  • Rusli Ibrahim Sekolah Tinggi Agama Islam Ar-Ridho Bagansiapiapi, Indonesia
  • Herni Hartati Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24088

Keywords:

Kurikulum Merdeka belajar, pembentukan karakter siswa, pendidikan berbasis nilai keislaman

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas pembelajaran dan mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh, termasuk pembentukan karakter. SDIT Darussalam sebagai institusi pendidikan berbasis nilai keislaman menerapkan kurikulum ini untuk membangun karakter siswa yang tangguh dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SDIT Darussalam dan menganalisis dampaknya terhadap pembentukan karakter siswa.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi kelas, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan guru, siswa, dan orang tua di SDIT Darussalam. Hasil menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka Belajar di SDIT Darussalam diterapkan melalui metode pembelajaran berbasis proyek dan integrasi nilai-nilai karakter dalam kegiatan sehari-hari. Guru berperan aktif sebagai fasilitator, sementara keterlibatan orang tua turut memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter siswa, seperti peningkatan rasa tanggung jawab, kejujuran, dan kerja sama.  Kesimpulannya yaitu bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SDIT Darussalam telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa. Namun, diperlukan pelatihan lebih lanjut bagi pendidik untuk mengoptimalkan penerapan kurikulum ini, serta dukungan kebijakan yang berkelanjutan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, N., Dilla, S. F., Azizah, S., Fahira, Z., & Darlis, A. (2023). Efektivitas peran guru dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 421–426.

Arikunto, S. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40–50.

Creemers, B. (n.d.). Peters, & ReynoldsD. 1989. School Effectiveness and School Improvement. Lisse, The Netherland: Swets & Zeitlinger.

Creswell, J. W. (2012). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed.

Hakim, M. S. H. I. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada PAUD. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 26–33.

Hasanah, M. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SD 01 KEPAHIANG. UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 242. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228

Irwan, I., Nuryani, N., & Masruddin, M. (2023). Kolaborasi Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Meningkatkan Proses Belajar Peserta Didik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(1), 131–154. https://doi.org/10.24256/kelola.v8i1.3556

Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54.

Mujiyah, M. (1999). Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Dinamika Pendidikan UNY, 6(1), 61627.

Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219–232.

No, U. (20 C.E.). Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia.

Nurhayati, N., Mukti, A., Wesnedi, C., Munawar, S., & Maisah, M. (2022). KINERJA KEPALA SEKOLAH KINERJA KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 634–644.

Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM : SISTEM PENDIDIKAN , PENGELOLAAN PENDIDIKAN , DAN TENAGA PENDIDIKAN ( LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ). 3(1), 451–464.

Rahmatika, A. I., & Majid, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembentukan Karakter Siswa SD Al-Madina Wonosobo. Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 241–246.

Sholihah, A., & Kurniawan, R. Y. (2016). Analisis pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3).

Downloads

Published

2025-05-20