E-guidebook Seni Ventriloquist untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Verbal Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24161Keywords:
e-guidebook, ventriloquist, verbal literacy skillsAbstract
E-guidebook merupakan bahan ajar interaktif berbasis elektronik yang berisi panduan, instruksi, maupun petunjuk mengenai suatu topik atau aktivitas tertentu. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan produk berupa bahan ajar e-guidebook seni ventriloquist. E-guidebook seni ventriloquist merupakan buku panduan digital yang dirancang untuk mengajarkan teknik ventriloquist, yaitu kemampuan berbicara tanpa menggerakkan bibir. E-guidebook yang dikembangkan menyajikan materi dan latihan-latihan praktis yang dapat melatih keterampilan verbal siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur tingkat kelayakan dan kepraktisan dari produk yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D) atau pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah ADDIE dengan 5 tahap meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 2 Majangtengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar e-guidebook seni ventriloquist layak dan praktis untuk digunakan. Penilian oleh validator ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media mendapatkan presentase 81% dengan kategori “layak”. Penilaian oleh guru kelas VI mendapatakan presentase 91%. Serta rata-rata penilaian oleh siswa mendapatkan presentase sebesar 87%. Berdasarkan paparan hasil penilaian maka bahan ajar e-guidebook seni ventriloquist “Layak” dan “Sangat Praktis” digunakan di lapangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kecakapan literasi verbal siswa kelas VI.Downloads
References
Adeoye, M. A., Wirawan, K. A. S. I., Pradnyani, M. S.S., & Septiarini, N. I. (2024). Revolutionizing Education: Unleashing the Power of the Addie Model for Effective Teaching and Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 13(1), 202–209.
Anggraini, S. (2016). Budaya Literasi Dalam Komunikasi. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 181–279.
Barus C. S. A., Pranajaya S. A., Hutauruk B. S., Septiani S., Nurlina., Muntu S. J. D. L., Asep., Irfan., Helmi D. (2021). Karakteristik Peserta Didik Abad 21. In Guru Sumedang.
Belousova, E., Kryazhkova, E., & Stosic, L. (2020). Verbal and non-verbal creativity of the students of the conservatoty. E3S Web of Conference, 210 (18081), 1-8.
Dewi, D. S., & Wilany, E. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Linguistik Verbal Dan Kemampuan Membaca. Jurnal Dimensi, 8(1), 187–197.
Donatus, S. K. (2016). Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Penelitian Ilmu Sosial: Titik Kesamaan dan Perbedaan. Studia Philosophica et Theologica, 16(2), 197–210.
Fidyani, L. I., & Patria, A. S. (2023). Perancangan E-Guide Book Kampung Majapahit Sebagai Upaya. Jurnal Seni Rupa, 11(1), 37–50.
Hayyuningtyas, K. & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Dan Ispring Di Android Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran IPA Di Kelas 3 SD. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 61–69.
Hutagalung, A. I. Y., & Juniarti, D. (2022). Pembelajaran Edutaiment degan sullap suara boneka di RA Al-Quran Iqro Pematangsiantar. Universitas Sari Mutiara Indonesia, 1(1), 1–6.
Jusmawati, J., Abustang, P. B., Wulandari, S., Mansis, I., Rosdiana, R., & Apriliniar, E. (2024). Pengaruh Metode Story Telling Dengan Media Ventriloquist Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 366–376.
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.
Marchella, S., Agus, D., & Delawanti, D. (2024). Teknik Ventriloquist dengan Boneka Tangan untuk Meningkatkan. Paidea : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia 4(1), 20–28.
Nurindanasari, D. A., Setiawan, D. A., & Yuniasih, N. (2020). Pengembangan Instrument Authentic Assessment Pada Aspek Literasi Membaca di SDN 03 Plaosan Kabupaten Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 123–130.
Shintike Lau, N. A., Agus Setiawan, D., & Kartika Werdiningtiyas, R. (2019). Literasi Verbal Siswa pada Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas III di SDN Kebonsari 4 Malang. Seminar Nasional PGSD Unikama, 3(November), 197–210.
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152.
Sukmawati, A., Ni’ma, S. L., & Marsanti, A. P. N. (2023). Peranan Budaya Literasi Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 7(4), 2051–2060.
Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web. Seminar Nasional Sains dan Teknologi UMJ, 17(November), 1–8.
Roberson, D. N. (2015). The Travel Guidebook: Catalyst For Self-Directed Travel. Tourism Analysis, 20(1), 123–128.
Ta’wamaludin, R., Widiyanti, R., & Noor, A. A. (2022). Perancangan E-Guidebook sebagai Media Promosi Wisata Kuliner di Kabupaten Garut. Prosiding The 13th Industrial Reseach Workshop and National Seminar, 1323–1331.
Yulaika, N. F., Harti, H., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jpeka: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.