The PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MENGENAL KEBERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA DI INDONESIA UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS IV SDN NGIJO 01

Penelitian deskriptif kualitatif

Authors

  • Hasna Mutia Universitas Negeri Semarang
  • Putri Universitas Negeri Semarang
  • Hendriek Universitas Negeri Semarang
  • Aryan Universitas Negeri Semarang
  • Adzkia Universitas Negeri Semarang
  • Kurnianto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25226

Keywords:

Media Interaktif Wordwall, Motivasi belajar, Keaktifan siswa

Abstract

Masalah rendahnya motivasi dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya pada materi keberagaman sosial dan budaya di Indonesia, masih menjadi tantangan di SDN Ngijo 01. Kurangnya penggunaan media pembelajaran inovatif menyebabkan proses belajar cenderung monoton dan berpusat pada guru, sehingga siswa kurang terlibat secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media interaktif Wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Subjek penelitian adalah guru wali kelas IV dan 26 siswa kelas IV SDN Ngijo 01. Data dianalisis menggunakan model Miles and Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media interaktif Wordwall pada pembelajaran keberagaman sosial dan budaya mampu meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa. Siswa menjadi lebih antusias, aktif bertanya, serta terlibat dalam diskusi dan pemecahan masalah. Guru juga merasakan kemudahan dalam menyampaikan materi dan mengelola kelas. Dengan demikian, penggunaan media interaktif Wordwall efektif sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliyani, E. (2025). DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER SISWA DI ERA DIGITAL PADA PESERTA DIDIK DI SDN BUGEL 4. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 210-224.

Hartutik, H., & Aprilia, R. (2024). Pengembangan Wordwall: Inovasi Media Pembelajaran Digital Terintegrasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1525-1540.

Ihsan M. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TINAMBUNG. 2024;7(1):39–49.

Manurung P. Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru J Ilm. 2021;14(1):1–12.

Minat DAN, Siswa B, Sd K V, Hartaco I. ex-post facto . 2024;09:707–14.

Naziah, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 7(2), 109-120.

Nurindah, N., Wibawa, S., & Magfiroh, Z. A. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA WORDWALL GAMES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELASV SDN 2 PAGEREJO. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2635-2644.

Nurrohim, N., Suyoto, S., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan keaktifan siswa melalui model problem based learning pada mata pelajaran pkn kelas IV Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 60-75.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1717-1724.

RIDWAN, M., JAYA, P. M., PERCETAKAN, L. B. A. D., AQSA, A. F., & PANDHU, M. A. LAPORAN PELAKSANAAN TUGAS WAWANCARA.

Rizki DRNWTSWINRA. 2135-Article Text-9400-1-10-20231219. Jurnal Ilmu PGSD FKIP Univ Mandiri . 2023;09(05):1812–25.

Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2025). TEKNIK PENGUMPULAN DATA: OBSERVASI, WAWANCARA DAN KUESIONER. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, 3(1), 39-47.

Ruski, M. S., Shiddiq, A. S., & Ridwan, M. R. (2025). ANALISIS IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS 5 SEKOLAH DASAR KARDULUK IV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 221-236.

Salamah SN, Wijayanti D, Setiyawan AA. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Wordwall pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN Sidoarum. 2024;3(1).

Sari, W. N., Rondli, W. S., Nisa, U. K., & Nihayati, I. (2023). Analisis Penerapan Media Video dalam Pembelajaran PPKn di SD Negeri Pulorejo 02. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 130-134.

Satrio, K. Y., Sukma, R. F., Putra, T. T., Miskori, Y., & Martaliza, Y. (2025). Pengembangan pembelajaran individual di SLB 01 Sungai Pagu, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok selatan. JIWA: Jurnal Inovasi Wawasan Akademik, 1(1), 57-64.

Sijabat MP, Hutabarat K, Sitorus L, Daulay MAJ. Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2024;6(3):2562–72.

Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis wordwall quiz terhadap hasil belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020-1028.

Downloads

Published

2025-06-07