PENGARUH MEDIA DIORAMA MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI SERENGAT
Keywords:
media diorama, hasil belajar, organ pencernaan manusiaAbstract
Keterbatasan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran di SD Negeri Serengat berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa kelas VB, karena media tersebut dinilai mampu meningkatkan pemahaman abstrak melalui ilustrasi nyata visual dua dimensi dalam bentuk papan bergambar dengan beberapa elemen gambar yang saling mendukung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Sampel terdiri atas 21 siswa kelas VB yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed-Rank Test pada SPSS-25 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.001. Nilai signifikansi tersebut ≤ 0.05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media diorama berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri Serengat pada materi organ pencernaan manusia.Downloads
References
Amalia, M. D., Agustini, F., & Sulianto, J. (2017). Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paedagogia, 20(2), 185–198.
Busthan, A. (2022). FILSAFAT PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar Awal. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nabire.
Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1–9.
Hafsah, U. M., Soleh, D. R., & Dewi, Y. R. (2023). Penerapan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Bangunsari 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 644–656.
Jannah, M., & Basit, A. (2019). Penerapan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Terapung:Ilmu-Ilmu Sosial, 1(2), 67–77.
Marlina, L., & Sholehun. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. 66–74.
Muchtar, F., Sahabuddin, E. S., & Sayidiman. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPA Kelas V UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Makassar. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(1), 81.
Ningrum, F. M. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah. UIN Raden Fatah Palembang.
Nursehah, U., & Ristianingsih, Y. D. (2022). Pengaruh Media Diorama terhadap Hasil Belajar Kognitif IPS Materi Kenampakan Alam dan Buatan pada Siswa Kelas V di SD Negeri Kebanyakan Kecamatan Serang Kota Serang. Jurnal Primagraha, 03(01), 29–40.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
Santina, R. O., Hayati, F., & Oktariana, R. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi 2). Alfabetta Press.
Veronica, A., Ernawati, Rasdiana, Abas, M., Yusriani, Hadawiah, Hidayah, N., Sabtohadi, J., Marlina, H., Mulyani, W., & Zulkarnaini. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Pt. Global Eksekutif Teknologi.
Yulianto, A. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VI SDN 42 Kota Bima. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 6–11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.