REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM FILM TARUNG SARUNG (KAJIAN SEMIOTIKA)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25631Keywords:
Kata kunci : representasi, maskulinitas, semiotika, film, Tarung SarungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi maskulinitas dalam film Tarung Sarung melalui pendekatan semiotini yang dipilih karena melalui pendekatan semiotika. Film ini dipilih karena menampilkan nilai-nilai budaya Bugis-Makassar yang kaya akan simbol keberanian, kehormatan, dan identitas laki-laki dalam masyarakat. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes yang mencakup tanda-tanda ikon, indeks, dan simbol dalam adegan-adegan film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa maskulinitas dalam film Tarung Sarung direpresentasikan melalui karakter - karakter laki - laki yang menunjukkan kekdirepresentasikan melalui karakter-karakter laki-laki yang menunjukkan kekuatan fisik, keberanian, rasa tanggung jawab, serta menjunjung tinggi nilai siri' (rasa malu). Tradisi lokal seperti Sigajang Laleng Lipa dan Tarung Sarung digunakan sebagai simbol topeng dan Tarung Sarung digunakan sebagai simbol maskulinitas yang tidak hanya berkaitan dengan kekuatan fisik, tetapi juga nilai-nilai spiritual dan moral. Tokoh utama, Deni Ruso, mengalami transformasi dari sosok laki-laki hedonis menjadi sosok yang bertanggung jawab dan religius, yang menggambarkan konstruksi maskulinitas ideal dalam budaya Bugis. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman representasi gender dalam media, khususnya dalam konteks budaya lokal Indonesia, dan dapat menjadi bahan refleksi bagi masyarakat serta sineas dalam membangun narasi yang lebih seimbang dan inklusif mengenai maskulinitas.Downloads
References
Ayu Wardani, A. W., Surya Ade Pratama, & Hasan Sazali. (2023). Analisis Representase Maskulinitas Dalam Iklan Kopi Luwak Sin Tae Yong. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain Dan Media, 2(1), 01–07. https://doi.org/10.55606/jurrsendem.v2i1.799
Nurdiansyah, C., Jamalulail, J., Sigit, R. R., & Atmaja, J. (2023). Representasi Budaya Bugis Makassar Dalam Film Tarung Sarung (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Media Penyiaran, 2(2), 136–147. https://doi.org/10.31294/jmp.v2i2.1707
Pratami, R., & Prima Hasiholan, T. (2020). Representasi Maskulinitas Pria dalam Iklan Televisi Men’s Biore Cool Oil Clear. Jurnal Komunikasi, 14(2),
119–138. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol14.iss2.art2
Sasmita, U. (2022). Representasi Maskulinitas dalam Film Disney Moana (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Online Kinesik, 4(2), 130.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.