PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERDAPAT KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 15 JAWI-JAWI KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31694Keywords:
scrapbook, writing skills, description essay, elementary schoolAbstract
This study aims to examine the effect of using scrapbook as a learning medium on thedescriptive writing skills of fourth-grade students at SD Negeri No. 15 Jawi-Jawi, MarosRegency. The main issue identified is the low writing ability of students, as indicated by70% of them not meeting the minimum mastery criteria (KKM). The study employs a quasi-experimental design with a one-group pretest-posttest approach. The subjects consisted of27 students who were purposively selected. The primary instrument used was a descriptivewriting test, which assessed five aspects: object description, content organization,grammar, spelling, and neatness. The pretest results showed an average score of 50, withall students scoring below the mastery standard. After four sessions using the scrapbookmedium, the posttest average significantly increased to 84.26, and all students met themastery criteria. A normality test indicated that the data were normally distributed, and at-test showed a significance value of < 0.05, indicating a significant effect. The findingssuggest that the scrapbook medium is efficacious in improving descriptive writing skills atthe elementary level, as it encourages students to express ideas in a more structured andcreative written form.Downloads
References
Afrizal, Dimas Yusuf. (2020). Media
Sosial Instagram Sebagai Sarana
Pembelajaran Menulis Teks
Deskripsi. PROSIDING SAMASTA
Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra
Indonesia.
Arikunto, S. S., & Supardi. (2022).
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
Bumi Aksara.
Ariyama, Ramdhani, Sumiyani (2020).
Merdeka Belajar Melalui
Penggunaan Media Audio Visual
Pada Pembelajaran Menulis Teks
Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal
Penelitian Pendidikan Bahasa
Indonesia, Daerah, Dan Asing
Asyifa, Nazla. (2024). Keterampilan
Menulis Teks Deskripsi Dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia
Sekolah Dasar. Padang: Jurnal Riset
Ilmu Pendidikan, Bahasa dan
Budaya
Chandra, S.N, dkk. (2021). Analisis
Keterampilan Menulis Karangan
Deskripsi Pada Siswa Kelas IV Di
SD Negeri Pasir Gadung 1
Kabupaten Tangerang. Tangerang:
Barajah Journal
Cholifah, T. N., & Fauziah, W. N.
(2021). Pengembangan Media
Scrapbook Pada Pembelajaran
Tematik Untuk Meningkatkan Minat
Belajar Siswa Kelas I SekolahDasar. Jurnal Pgsd: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Damayanti, M. (2017). Pengaruh media
scrapbook (buku tempel) terhadap
hasil belajar siswa materi keragaman
rumah adat di indonesia kelas iv
sekolah dasar (Doctoral dissertation,
State University of Surabaya).
Fajriani, Dewi & Nadrah (2023).
Pengaruh Penggunaan Media
Scrapbook Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas
V SD Inpres Karunrung Makassar.
(Skripsi). Makassar: Universitas
Muhammadiyah Makassar
Farid, Ahmadi. Et al. 2017.
Pengembangan Media Edukasi
“Multimedia Indonesian Culture”
(MIC) Sebagai Penguatan
Pendidikan Karakter Siswa Sekolah
Dasar. Universitas Negeri
Semarang.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.
php/JPP/article/view/12368.
Fauziyah, S. L., Studi, P., Biologi, P., &
Sains, F. (2020). Pengembangan
Media Pembelajaran Scrapbook
Untuk Meningkatkan Motivasi
Belajar Pada Materi Vertebrata Di
Kelas X Ma Nu H Asyim Asyari 3
Kudus. Bioduca: Jurnal Pendidikan
Biologi
Ferawati, Andi., Muhammad Yunus, &
Asdar. (2022). Pengaruh Media
Scrapbook Terhadap Keterampilan
Menulis Dan Berbicara PesertaDidik Kelas IV UPT SPF SD Inpres
Pannampu 2 Kota Makassar.
Makassar: PBUP Journal
Indahsari, Nindya Ayu. (2019). Analisis
Kesesuaian Media Pembelajaran
Dalam Pembelajaran Tematik Kelas
V Di SD Muslimat NU Kota
Malang. Malang: PGSD UNIKAMA
Jamal, Sherlina, Syamsuddha, & M
Taufik. (2018) ‘Kemampuan
Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan
Pengamatan Langsung Kelas VII
SMP Negeri 3 Sungguminasa
Kabupaten Gowa’, Jurnal
Pendidikan Bahasa Dan Sastra
Indonesia
Lukmanulhakim, Luky & Din Azwar
Uswatun. (2019). Pengaruh Media
Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap
Keterampilan Menulis Puisi di Kelas
Tinggi. UMMI: Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Sains dan Teknologi
Maisarah, Siti. (2020) Penerapan Model
Pembelajaran Concept Sentence
Untuk Meningkatkan Keterampilan
Menulis Karangan Narasi Siswa
Pada Tema Lingkungan Sahabat
Kita Di Kelas V Sekolah Dasar
Islam Terpadu Darel Hikmah
Pekanbaru. Riau: UIN Suska.
Mondolalo, Darminton, & Mulyadi.
(2023). Keterampilan Menulis
Struktur Deskripsi Umum Teks
Deskripsi Dalam Pembelajaran
Menggunakan Teknik Tugas
Menyalin Pendekatan Individual.
Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan
Sastra
Muktadir, A., Wardhani, P. A., & Arif,
A. (2020). Media Scrapbook Dalam
Meningkatkan Kreativitas Siswa
Sekolah Dasar Kota Bengkulu.
Jurnal Pendidikan Dasar.
Munirah, Aliem Bahri, & Fatmawati.
(2019) Pengaruh Penggunaan Media
Gambar Seri Terhadap Keterampilan
Menulis Cerita Dongeng Siswa
Kelas III SD. Makassar: JKPD
(Jurnal Kajian Pendidikan Dasar)
Murjainah dan Nurdiana, Indah (2017).
Hubungan Penggunaan Media
Scrapbook Dengan Motivasi Belajar
Geografi Siswa Kelas VII Di SMP
Negeri 41Palembang. Edutech. 16
(3): 274
Noer, U. (2022). Pengertian Media
Pembelajaran. Pare-Pare: Repository
IAIN Pare-Pare.
Nurhasanah, Nina. (2017). Peranan
Bahasa Sebagai Mata Pelajaran
Wajib di Indonesia. Jakarta Barat:
Universitas Esa Unggul.
Pakpahan (2020), Pengembangan media
pembelajaran, Yayasan kita menulis
Permaganti. (2019). Analisis
Motivasi Belajar Siswa Smp Kelas
Viii Melalui Media
Pembelajaran Geogebra1. JPMI (Jurnal
Pembelajaran Matematika Inovatif),
2(5), 237.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p/
/*237-244
Purwatiningsih (2020) Efektivitas
penggunaan media scrapbook
terhadap hasil belajar tematik siswaSD. Madiun: KID (Konferensi
Ilmiah Dasar)
Rahmadani, Meli. (2022) Karakteristik
Struktur Dan Kebahasaan Teks
Deskripsi Siswa Di Sekolah
Menengah Pertama Islam Terpadu.
JRTI (Jurnal Riset Tindakan
Indonesia)
Ramadani, Angely Noviana. (2023).
Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Terhadap Dunia
Pendidikan (Studi Literatur). Jakarta:
JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan
Sosial Humaniora.
Sari, DF. (2020). Pengembangan Media
Scrapbook Pada Mata Pelajaran
Tematik Kelas V Di MIS Mutiara
Insan Palangkaraya: Digilib IAIN
Pakangkaraya.
Suhardi. (2013). Metodologi Penelitian
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Syahrum, Tri Budhi Sastrio, dan Hetty
Purnamasari .(2021). Penggunaan
Media Pembelajaran Scrapbook
Untuk Meningkatkan Keterampilan
Menulis Dan Keterampilan
Berbicara. Surabaya : IJIT
(Indonesian Journal of Instructional
Technology)
Wahyuni & Sagala, P. T. (2019).
Penerapan model discovery learning
berbantuan geogebra untuk
meningkatkan kemampuan
penalaran matematis siswa kelas
viii-3 smp n 1 binjai. Inspiratif:
Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3),
1-14.
https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i3.8
911.
Wati, Apriliya. (2022). Analisis Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis
Aplikasi Geogebra Dalam
Pembelajaran Bangun Ruang Di
Sekolah Dasar. Yogyakarta:
Universitas Sarjanawiyata
Tamansiswa
Wati, Santi Herlina. (2019).
Keterampilan Menulis Karangan
Narasi Sejarah Melalui Model
Pembelajaran Mind Mapping Bagi
Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta:
Universitas Sarjanawiyata
Tamansiswa.
Winarni, Retno. (2022). Peningkatan
Keterampilan Menulis Kreatif
Bermuatan Pendidikan Budi Pekerti
Pada Guru-Guru Sekolah Dasar
Melalui Hybrid Learning. Surakarta :
Jurnal Widya Lhaksana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.