PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERDAPAT KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 15 JAWI-JAWI KABUPATEN MAROS

Authors

  • Sri Kurnia Rahman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syekh Adiwijaya Latief Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Anzar Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31694

Keywords:

scrapbook, writing skills, description essay, elementary school

Abstract

This study aims to examine the effect of using scrapbook as a learning medium on thedescriptive writing skills of fourth-grade students at SD Negeri No. 15 Jawi-Jawi, MarosRegency. The main issue identified is the low writing ability of students, as indicated by70% of them not meeting the minimum mastery criteria (KKM). The study employs a quasi-experimental design with a one-group pretest-posttest approach. The subjects consisted of27 students who were purposively selected. The primary instrument used was a descriptivewriting test, which assessed five aspects: object description, content organization,grammar, spelling, and neatness. The pretest results showed an average score of 50, withall students scoring below the mastery standard. After four sessions using the scrapbookmedium, the posttest average significantly increased to 84.26, and all students met themastery criteria. A normality test indicated that the data were normally distributed, and at-test showed a significance value of < 0.05, indicating a significant effect. The findingssuggest that the scrapbook medium is efficacious in improving descriptive writing skills atthe elementary level, as it encourages students to express ideas in a more structured andcreative written form.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, Dimas Yusuf. (2020). Media

Sosial Instagram Sebagai Sarana

Pembelajaran Menulis Teks

Deskripsi. PROSIDING SAMASTA

Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra

Indonesia.

Arikunto, S. S., & Supardi. (2022).

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Bumi Aksara.

Ariyama, Ramdhani, Sumiyani (2020).

Merdeka Belajar Melalui

Penggunaan Media Audio Visual

Pada Pembelajaran Menulis Teks

Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal

Penelitian Pendidikan Bahasa

Indonesia, Daerah, Dan Asing

Asyifa, Nazla. (2024). Keterampilan

Menulis Teks Deskripsi Dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia

Sekolah Dasar. Padang: Jurnal Riset

Ilmu Pendidikan, Bahasa dan

Budaya

Chandra, S.N, dkk. (2021). Analisis

Keterampilan Menulis Karangan

Deskripsi Pada Siswa Kelas IV Di

SD Negeri Pasir Gadung 1

Kabupaten Tangerang. Tangerang:

Barajah Journal

Cholifah, T. N., & Fauziah, W. N.

(2021). Pengembangan Media

Scrapbook Pada Pembelajaran

Tematik Untuk Meningkatkan Minat

Belajar Siswa Kelas I SekolahDasar. Jurnal Pgsd: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Damayanti, M. (2017). Pengaruh media

scrapbook (buku tempel) terhadap

hasil belajar siswa materi keragaman

rumah adat di indonesia kelas iv

sekolah dasar (Doctoral dissertation,

State University of Surabaya).

Fajriani, Dewi & Nadrah (2023).

Pengaruh Penggunaan Media

Scrapbook Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas

V SD Inpres Karunrung Makassar.

(Skripsi). Makassar: Universitas

Muhammadiyah Makassar

Farid, Ahmadi. Et al. 2017.

Pengembangan Media Edukasi

“Multimedia Indonesian Culture”

(MIC) Sebagai Penguatan

Pendidikan Karakter Siswa Sekolah

Dasar. Universitas Negeri

Semarang.

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.

php/JPP/article/view/12368.

Fauziyah, S. L., Studi, P., Biologi, P., &

Sains, F. (2020). Pengembangan

Media Pembelajaran Scrapbook

Untuk Meningkatkan Motivasi

Belajar Pada Materi Vertebrata Di

Kelas X Ma Nu H Asyim Asyari 3

Kudus. Bioduca: Jurnal Pendidikan

Biologi

Ferawati, Andi., Muhammad Yunus, &

Asdar. (2022). Pengaruh Media

Scrapbook Terhadap Keterampilan

Menulis Dan Berbicara PesertaDidik Kelas IV UPT SPF SD Inpres

Pannampu 2 Kota Makassar.

Makassar: PBUP Journal

Indahsari, Nindya Ayu. (2019). Analisis

Kesesuaian Media Pembelajaran

Dalam Pembelajaran Tematik Kelas

V Di SD Muslimat NU Kota

Malang. Malang: PGSD UNIKAMA

Jamal, Sherlina, Syamsuddha, & M

Taufik. (2018) ‘Kemampuan

Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan

Pengamatan Langsung Kelas VII

SMP Negeri 3 Sungguminasa

Kabupaten Gowa’, Jurnal

Pendidikan Bahasa Dan Sastra

Indonesia

Lukmanulhakim, Luky & Din Azwar

Uswatun. (2019). Pengaruh Media

Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap

Keterampilan Menulis Puisi di Kelas

Tinggi. UMMI: Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Sains dan Teknologi

Maisarah, Siti. (2020) Penerapan Model

Pembelajaran Concept Sentence

Untuk Meningkatkan Keterampilan

Menulis Karangan Narasi Siswa

Pada Tema Lingkungan Sahabat

Kita Di Kelas V Sekolah Dasar

Islam Terpadu Darel Hikmah

Pekanbaru. Riau: UIN Suska.

Mondolalo, Darminton, & Mulyadi.

(2023). Keterampilan Menulis

Struktur Deskripsi Umum Teks

Deskripsi Dalam Pembelajaran

Menggunakan Teknik Tugas

Menyalin Pendekatan Individual.

Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan

Sastra

Muktadir, A., Wardhani, P. A., & Arif,

A. (2020). Media Scrapbook Dalam

Meningkatkan Kreativitas Siswa

Sekolah Dasar Kota Bengkulu.

Jurnal Pendidikan Dasar.

Munirah, Aliem Bahri, & Fatmawati.

(2019) Pengaruh Penggunaan Media

Gambar Seri Terhadap Keterampilan

Menulis Cerita Dongeng Siswa

Kelas III SD. Makassar: JKPD

(Jurnal Kajian Pendidikan Dasar)

Murjainah dan Nurdiana, Indah (2017).

Hubungan Penggunaan Media

Scrapbook Dengan Motivasi Belajar

Geografi Siswa Kelas VII Di SMP

Negeri 41Palembang. Edutech. 16

(3): 274

Noer, U. (2022). Pengertian Media

Pembelajaran. Pare-Pare: Repository

IAIN Pare-Pare.

Nurhasanah, Nina. (2017). Peranan

Bahasa Sebagai Mata Pelajaran

Wajib di Indonesia. Jakarta Barat:

Universitas Esa Unggul.

Pakpahan (2020), Pengembangan media

pembelajaran, Yayasan kita menulis

Permaganti. (2019). Analisis

Motivasi Belajar Siswa Smp Kelas

Viii Melalui Media

Pembelajaran Geogebra1. JPMI (Jurnal

Pembelajaran Matematika Inovatif),

2(5), 237.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p/

/*237-244

Purwatiningsih (2020) Efektivitas

penggunaan media scrapbook

terhadap hasil belajar tematik siswaSD. Madiun: KID (Konferensi

Ilmiah Dasar)

Rahmadani, Meli. (2022) Karakteristik

Struktur Dan Kebahasaan Teks

Deskripsi Siswa Di Sekolah

Menengah Pertama Islam Terpadu.

JRTI (Jurnal Riset Tindakan

Indonesia)

Ramadani, Angely Noviana. (2023).

Pengaruh Penggunaan Media

Pembelajaran Terhadap Dunia

Pendidikan (Studi Literatur). Jakarta:

JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan

Sosial Humaniora.

Sari, DF. (2020). Pengembangan Media

Scrapbook Pada Mata Pelajaran

Tematik Kelas V Di MIS Mutiara

Insan Palangkaraya: Digilib IAIN

Pakangkaraya.

Suhardi. (2013). Metodologi Penelitian

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D.

Bandung: Alfabeta.

Syahrum, Tri Budhi Sastrio, dan Hetty

Purnamasari .(2021). Penggunaan

Media Pembelajaran Scrapbook

Untuk Meningkatkan Keterampilan

Menulis Dan Keterampilan

Berbicara. Surabaya : IJIT

(Indonesian Journal of Instructional

Technology)

Wahyuni & Sagala, P. T. (2019).

Penerapan model discovery learning

berbantuan geogebra untuk

meningkatkan kemampuan

penalaran matematis siswa kelas

viii-3 smp n 1 binjai. Inspiratif:

Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3),

1-14.

https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i3.8

911.

Wati, Apriliya. (2022). Analisis Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis

Aplikasi Geogebra Dalam

Pembelajaran Bangun Ruang Di

Sekolah Dasar. Yogyakarta:

Universitas Sarjanawiyata

Tamansiswa

Wati, Santi Herlina. (2019).

Keterampilan Menulis Karangan

Narasi Sejarah Melalui Model

Pembelajaran Mind Mapping Bagi

Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta:

Universitas Sarjanawiyata

Tamansiswa.

Winarni, Retno. (2022). Peningkatan

Keterampilan Menulis Kreatif

Bermuatan Pendidikan Budi Pekerti

Pada Guru-Guru Sekolah Dasar

Melalui Hybrid Learning. Surakarta :

Jurnal Widya Lhaksana.

Downloads

Published

2025-08-05