IDENTIFIKASI LEVEL KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS TINGGI DI SDN 5 MONTONG BETOK KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Baiq Hikmatul Maula Khalisa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Heri Hadi Saputra Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Mansur Hakim Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Lalu Hamdian Affandi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.25672

Keywords:

reading ability, reading level, supporting factors, elementary students

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level kemampuan membaca serta faktor-faktor yang mendukung kemampuan membaca siswa kelas tinggi di SDN 5 Montong Betok Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas IV, V, dan VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa secara umum berada pada kategori sangat baik, dengan sebagian besar siswa mencapai level cerita level tertinggi dalam kemampuan membaca. Faktor-faktor yang mendukung capaian ini meliputi: (1) motivasi belajar dan minat baca siswa, (2) strategi pembelajaran guru yang adaptif, (3) pembiasaan membaca pagi dan bimbingan individual, (4) ketersediaan bahan bacaan yang menarik, serta (5) peran aktif orang tua dan lingkungan rumah yang kondusif. Kolaborasi antara sekolah, guru, orang tua, dan lingkungan sekitar berperan penting dalam menciptakan budaya literasi dan mendorong siswa mencapai kemampuan membaca yang optimal.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). Rineka Cipta.

Damaiyanti, R., Satrijono, H., Hutama, F., Ningsih, Y., & Alfarisi, R. (2021). Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kels I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2),

Fauzi, M. R. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Dengan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Metode Concentrated Language Encounter. Journal of Elementary Education, 03(4), 147–161.

Fitri, L., & Akbar, L. A. (2023). Implementasi literasi di sekolah dasar di Lombok Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 101–110.

Gumono, G. (2014). Profil Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar Di Provinsi Bengkulu. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.

Guthrie, J. T., & Wigfield, A. (2000). Engagement and motivation in reading. Handbook of Reading Research, 3, 403–422.

Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17(1), 90–106. https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048

Kana, S., Fauzi, & Nurhaidah. (2017). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Anak Kelas 1 SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 98–104. jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/2537

Kemendikbud. (2019). Modul Literasi Sekolah Dasar – Gerakan Literasi Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbudristek. (2021). Panduan teknis Asesmen Nasional. Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kemendikbudristek.

Khaerawati, Z., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2023). Level Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 637–643. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4521

Lofland, & Lofland. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Pendidikan Dasar, 10(1), 28– 33.

Moleong. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

OECD. (2023). Hasil PISA 2022 (Volume I): Keadaan pembelajaran dan kesetaraan dalam pendidikan. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/4b4b7a6e-enSugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan, (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sulisworo, D., & Santyasa, I. W. (2021). Membangun literasi kritis siswa melalui konsistensi program literasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 78–85. https://doi.org/10.23887/jpdi.v6i2.XXXX

Tomlinson, C. A. (2021). Cara mendiferensiasi pembelajaran di kelas yang beragam secara akademis (Ed. ke-3, Terj.). ASCD. (Asli diterbitkan 2017).

Downloads

Published

2025-05-19

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>