IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SDN BARELANTAN LOMBOK TENGAH TAHUN 2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25674Keywords:
keterampilan berbicara, faktor penyebab, pembelajaran, siswa SD, bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia kelas IV di SDN Barelantan, Lombok Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia masih tergolong rendah, terutama dalam aspek pelafalan, intonasi, kelancaran, isi pembicaraan, dan ekspresi. Faktor penyebab rendahnya keterampilan berbicara dalam menggunakan bahasa Indonesia terdiri dari faktor internal seperti kepribadian pemalu, kurang percaya diri, dan rasa takut; serta faktor eksternal seperti pola asuh orang tua, metode pembelajaran guru, dan kurangnya media pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain memberikan motivasi, memahami karakter siswa, menggunakan metode pembelajaran yang lebih variatif, serta menjalin kerja sama dengan orang tua untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia.Downloads
References
Anjelina, N., & Tarmini, W. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu,
Aritonang, Hera Apriliana Putri. 2023. Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Universitas Jambi.
Arbidah. "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berbicara Siswa". Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 3, No. 4, 2021.
Badan Bahasa Kemdikbud. Legenda asal-usul terjadinya Gunung Rinjani dan Kearifan Lokal yang Terdapat di dalamnya. Diakses pada 19 Februari 2025, dari https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/836/legenda-asal-usul-terjadinya-gunung-rinjani-dan-kearifan-lokal-yang-terdapat-di-dalamnya
Dalman. (2024). Keterampilan Berbicara. Sumatra Barat: CV. Azka Pustaka
Darmawan, D., & Kartika, F. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 1–7. https://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/download/2084/1921
Darmuki, A., Andayani, A., Saddhono, K., & Nurkamto, J. (2016). Evaluating information processing abilities of speaking skill through problem-based learning model. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(3), 200–204. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i3.4546
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Fauziah. (2018). Keterampilan berbicara sebagai sarana komunikasi efektif. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 56–65.
Febriani, dkk. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Pembelajaran Cooperaative Seript di SMP Negri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran/Vol 5, No 5
Fitri Handayani, Subroto, D. E., Nurkhofifah, V., Nurhalifah, N., & Akbar, M. R. (2025). Penggunaan Berbagai Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Guruku: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(1), 72–80. https://doi.org/10.59061/guruku.v3i1.892
Gereda, Agustinus. (2020). Keterampilan Berbicara Berbahasa Indonesia: Menggunakan Bahasa Indonesia secara Baik dan Benar. Tasikmalaya: Edu Publisher
Herliana, N. (2021). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 612–620. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.513
Hidayah. (2016). Pemeblajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Garudhawacara.
Idrus, S. H., & Maulidi, A. (2024). Keterampilan berbicara era merdeka belajar: Teori dan praktik. Deepublish.
Ilham, Muhammad &Wijiati, Iva Ani. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Ketrampilan Berbahasa. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute
Izzah, N. (2023). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/33866/1/COVER%2C%20BAB%201%2C%20BAB%202%2C%20DAPUS.pdf
Indonesia Kaya. (n.d.). Cerita rakyat Nusa Tenggara Barat: Legenda Putri Mandalika. Diakses pada 19 Februari 2025, dari https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/cerita-rakyat-nusa-tenggara-barat-legenda-putri-mandalika/
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2024). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses pada 31 Juli 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id
Kuntarto, E., & Aritonang, H. A. P. (2023). Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Berbincara Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Universitas Jambi
Kustyarini, E. (2020). "Pengaruh Percaya Diri terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 45–53.
Lexy J, M. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosada Karya
Magdalena, A., dkk. (2021) Faktor Yang Mempengaruhi Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa
Majid, A. (2017). Strategi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Martaulina, Sinta Diana. (2018). Bahasa Indonesia Terapan. Yogyakarta: Deepublish
Marzuqi, Lib. (2019). Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Istana Grafika.
Miles, M.B., & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: Sage Publications.
Mustadi, Ali, dkk.(2021). Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Nugraha, R. (2023). Kepribadian introvert dalam dunia pendidikan: Sebuah kajian psikologi perkembangan. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 8(2), 120–128.
Octavia, Tri Noer Indri. Analisis Permasalahan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Jambi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2024.
Riduwan. (2017). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: CV Alfabeta
Subakti, H. (2021). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 85–92.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyo, Urip. (2019). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Jambi: Salim Media Indonesia.
Suryadi. (2020). Evaluasi Pembelajaran Jilid II. CV Jejak (Jejak Publisher)
Sutjipto, A. (2005). Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Tarigan, Henry Guntur. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008.
Tojiri, Yusuf., Putra Hari, Setia., Faliza, Nur. (2023). Dasar Metodologi Penelitian: Teori, Desain dan Analisis Data. Padang: Penerbit Takaza Innovatix Lab
Wahyono, Hari. (2024). Dasar-Dasar Terampil Berbicara. Yogyakarta: Deepublish Digital.
Whiti Estari Negeri, A. S. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. In Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series (Vol. 3, Issue 3). https://jurnal.uns.ac.id/shes
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.