PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 4 AMPENAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Indah Cahyani Universitas Mataram
  • Muhammad Sobri Universitas Mataram
  • Prayogi Dwina Angga Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25678

Keywords:

bepikir kritis, inside outside circle, IPAS, model pembelajaran

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Dibutuhkan model pembelajaran interaktif yang dapat mendorong partisipasi aktif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap kemampuan berpikir kritis peseta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 4 Ampenan tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan ialah pre-eksperimen tipe one group pre-test post- test. Populasi dari kelas IV SDN 4 Ampenan yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 4 Ampenan Tahun Ajaran 2024/2025. Model pembelajaran inside outside circle dapat dijadikan strategi efektif dalam pembelajaran IPAS yang lebih interaktif dan bermakna, karena terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui diskusi berpasangan yang mendorong keterlibatan aktif peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga, P. D., Kardiyanto, D. W., & Herlambang, D. (2023). Pembuatan Desain Gapura Sebagai Unsur Pembentuk Identitas Desa. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 100. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12982

Angga, P. D., Makki, M., Putra, G. P., & Indraswati, D. (2023). Pregi (Program Edukasi Gizi Dan Aktivitas Fisik): Peningkatan Pemahaman Perilaku Hidup Sehat Melalui Gizi Seimbang Dan Aktivitas Fisik Bagi Anak Sekolah Dasar di Kota Mataram. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 3(2), 111-125.

Azizah. M. Sulianto J., CIntang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1): 61-70.

Dian Apriliani, I. G. A., Husniati, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1522–1533. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1525

Depdiknas (2003). Undang-Undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hidayat, W. (2021). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Inside Outside Circle terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar. https://eprints.unm.ac.id/20483/1/Artikel%20Wahyu%20Hidayat.pdf

Ilmawan, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 820–828. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10546

Isra, M., Tahir, M., Zain, M. I., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tema : keunikan Daerah Tempat Tinggalku Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 188–192.

Kemendikbud. 2022. Merdeka belajar: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: kemendikbud RI.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sari. (2018). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Kurniasih, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Teknik Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Thaharoh. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 2030–2038. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1769

Leonard. (2019). Model dan Metode Pembelajaran di Kelas. Jakarta Selatan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat–Universitas Indraprasta PGRI.

Mahita, E. D. (2023). Analisis Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Proses Pembelajaran Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 239-250.

Mustadi, dkk. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta:UNY Press

Primasari. E. (2022). Penerapan Model Inside Outside Circle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 5 Jatimulyo (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Diambil dari https://repository.radenintan.ac.id/20594/1/PUSTA%20BAB%201%20DAN%205.pdf

Rofi’ah, S., & Rokhmaniyah. (2024). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran IPAS kelas V sekolah dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 7(3), 1763–1770. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawaloo Press

Sobri, M., Indraswati, D., Rahmatih, A. N., Fauzi, A., & Amrullah, L. W. Z. (2022). Pelatihan Pembuatan Worksheet Interaktif dengan Wizer Me untuk Mengoptimalkan Pembelajaran di SD Negeri 26 Mataram. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(2), 118-124.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfbeta

Syamsuriyawati, S., Khaerani, K., & Setyawan, D. (2022). Pengaruh Metode Inside-Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah Makassar. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 97–106. https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1547

Zyra, S. N., Alamsyah, T. P., & Yuliana, R. (2022). Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 97–106. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.2.97-106

Downloads

Published

2025-05-20