Analisis Faktor Penghambat dalam Upaya Meningkatkan Literasi Membaca pada Siswa Kelas II Di Sekolah Dasar Negeri 03 Bengkayang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25704Keywords:
Faktor Penghambat, Literasi, membaca, GLS.Abstract
Penelitian kualitatif untuk memberikan gambaran luas tentang faktor yang menghambat kemampuan siswa dalam menerapkan literasi membaca. Literasi adalah kemampuan untuk membaca dan menulis serta berbicara, menyimak, memahami, dan berpikir kritis.Membaca adalah jendela dunia kita dapat memperoleh banyak pengetahuan dan wawasan dengan membaca.Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, keterampilan membaca adalah hal yang sangat penting untuk dibangun sejak dini. Namun demikian, minat baca, terutama di kalangan siswa Sekolah Dasar, masih rendah di Indonesia. Ini menjadi perhatian dan tantangan yang akan berdampak pada hasil belajar dan prestasi akademik siswa. Ada sejumlah alasan untuk hal ini, seperti kurangnya dukungan dari keluarga dan teman, lebih banyak fokus pada bermain game online atau perangkat elektronik, kurangnya sarana dan prasarana, minat dan motivasi pribadi yang kuat, dan dukungan dari sekolah sendiri.Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat baca siswanya. Salah satunya adalah penerapan budaya literasi, atau Gerakan Literasi Sekolah.Downloads
References
Juhaeni, Ifain, A., Kurniakova, A. S., Tahmidah, A., Arifah, D. N., Friatnawati, S. F., & Safaruddin. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 126-134.
Kartika, I., & Arifudin, O. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaransebagai Upaya Meningkatkanmutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. urnal Al-Amar (JAA), 144-157.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. urnal Perspektif.
Nay, Y. A., Wau, M. P., Sayangan, Y. V., & Noge, M. D. (2024). GerakanLiterasiSekolahSebagaiUpayauntukMeningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDK Wolomeli. Didaktika: Jurnal Kependidikan.
Tusriyanto, Nadiroh, & Japar. (2022). Pembelajaran IPSBerbasis Literasi dalam Meningkatkan KeterampilanBerpikir Kritis Siswa. RI’AYAH,.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.