PERAN GURU DALAM MENDORONG INOVASI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.25743Keywords:
Peran guru, inovasi pembelajaran, era digitalAbstract
Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan khususnya metode dan pendekatan pembelajaran. Guru tidak lagi hanya berperan sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai fasilitator, inovator, dan motivator dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam mendorong inovasi pembelajaran di era digital, termasuk tantangan yang dihadapi serta strategi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang adaptif terhadap teknologi, mampu mengintegrasikan media digital dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang kreatif. Selain itu, pelatihan berkelanjutan dan dukungan institusional menjadi faktor kunci dalam menunjang peran guru sebagai agen inovasi.Downloads
References
Ak, M. F., Darmayani, S., Nendissa, S. J., Arifudin, O., Anggaraeni, F. D., Hidana, R., & Handayani, F. S. (2021). Pembelajaran digital. Penerbit Widina.
Ananda, R. & Rohman, F. (2023). Belajar dan Pembelajaran. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Ayuwandani, Y. (2024). Society 5.0: Strategi Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum), 3(1), 187-1.
Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(2), 308-318
Hadi, F. R. (2021). Studi literatur: Sumber dan media belajar dalam penanaman nilai dan karakter siswa SD. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA) (Vol. 1, pp. 65-70).
Hakeu, F., Pakaya, I. I., & Tangkudung, M. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran di MIS Terpadu Al-Azhfar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 154-166.
Hasriadi, Hasriadi. (2022). Metode pembelajaran inovatif di era digitalisasi. Jurnal Sinestesia 12(1), 136-151.
Iskandar, A., Aimang, H. A., Hanafi, H., Maruf, N., Fitriani, R., & Haluti, A. (2023). Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di Era Digital. Yayasan Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.
Jatawitika, I. G. Y., Warpala, I. W. S., & Tegeh, I. M. (2024). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Gamifikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(2), 159-168.
Lattu, J. I. (2022). Peran Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Belajar Untuk Menolong Murid Memiliki Motivasi Belajar. Aletheia Christian Educators Journal, 3(2), 108-114.
Mudrikah, S., dkk. (2022). Inovasi Pembelajaran di Abad 21. Pradina Pustaka.
Munib, A., & Wulandari, F. (2021). Studi literatur: Efektivitas model kooperatif tipe course review horay dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 160-172.
Najib, M. A., & Maunah, B. (2022). Inovasi Pendidikan di Era Digital (Studi Pelaksanaan Pembelajaran di Jenjang SD-SMP Kabupaten Tulungagung). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 1-17.
Rahmawati, N. A. (2021). Menstimulasi Hots Pada Aud Saat Pandemi Melalui STEAM. Tangerang Selatan: Indocamp.
Rahayu, S., & Ngazizah, N. (2024). Pengembangan Pot Tanaman Menggunakan Galon Bekas Dengan Sistem Fertigasi Kapiler Berbasis STEAM. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 7-19.
Renden, A. (2023). Penerapan Pendekatan STEAM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V UPT SPF SDN Lariang Bangi I Kecamatan Makassar.
Resti, N., Ridwan, R., Palupy, R. T., & Riandi, R. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan AR (Augmented Reality) pada Materi Sistem Pencernaan: (Learning Media Innovation Using Augmented Reality on Digestive System Material). Biodik, 10(2), 238-248.
Sadriani, A., Ahmad, M. R. S., & Arifin, I. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. In Seminar Nasional Dies Natalis 62 (Vol. 1, pp. 32-37).
Salsabila, S., L, E. N., & Muharram, M. R. W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Gamification Berbasis Marczewski’s Framework di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(4), 688–702.
Sari, D. N., & Alfiyan, A. R. (2023). Peran Adaptasi Game (Gamifikasi) dalam Pembelajaran untuk Menguatkan Literasi Digital: Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 3021–7067. https://doi.org/10.30812/upgrade.v0i0.3157
Septiyanti, I. F., Wibawa, S., Yulia, Y., & Cahyani, B. H. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis pada Tahapan Operasional Konkrit. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(2), 195-203.
Sitompul, B. (2022). Kompetensi guru dalam pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai , 6 (3), 13953-13960.
Shefira, A., Dewi, N. R., & Octaviani, R. (2024). Inovasi pembelajaran PKN di era digital dengan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10-10.
Sumaya, A., Israwaty, I., & Ilmi, N. (2021). Penerapan pendekatan STEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal of Education, 1(2), 217-223.
Supriansyah & Ninawati, M. (2017). Inovasi Pembelajaran di SD. Depok: Rajawali Pers.
Syuhada, H., Hidayat, S., Mulyati, S., & Persada, A. G. (2024). Pengembangan Gamifikasi Pada Pelajaran Matematika SD dengan Metode Addie untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Rabit: Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 9(1), 1-14.
Winataputra, U. S., Kusmawan, U. Suciati. dkk. (2019). Pembelajaran di Era Digital. Universitas Terbuka: Banten.
Zebua, F. R. S. (2023). Analisis tantangan dan peluang guru di era digital. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21-28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.