PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA MATERI SAYANGI BUMI KELAS V SD NEGERI KEDUNGOLENG 03
Penelitian Tindakan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25801Keywords:
Problem Based Learning, media gambar, keterampilan menulis, teks eksposisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas V SD Negeri Kedungoleng 03 melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media gambar pada materi “Sayangi Bumi”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar mencapai 65% dengan nilai rata-rata 64,7, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81% dengan nilai rata-rata 81,5. Skor rata-rata angket keterampilan menulis juga meningkat dari 59,99% (kategori cukup) pada siklus I menjadi 82,62% (kategori sangat baik) pada siklus II. Selain itu, sikap kemandirian siswa juga menunjukkan peningkatan signifikan. Dengan demikian, penerapan model PBL berbantuan media gambar terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa sekolah dasar.Downloads
References
Badarudin. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE TANYA JAWAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV MI MA’ARIF NU LAMUK PURBALINGGA. 1–23.
Badarudin, B., Muslim, A., Sadeli, E. H., & Nugroho, A. D. (2022). Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Mi Muhammadiyah Kramat Kembaran. Khazanah Pendidikan, 16(1), 154. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.13359
Mirandani, R. M., & Indihadi, D. (2022). Keterampilan Menulis Slogan Berbasis Pengalaman Membaca Teks Narasi Peserta Didik SD Kelas V. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 267–274. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1629
Purnomo, P., & Zulaeha, I. (2015). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Eksposisibermuatan Nilai-Nilai Sosial Untuk Siswa SMP. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 118–124.
Sari, D., Rulyansah, A., & ... (2023). Model PBL Berbantuan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. Prosiding …, 01, 427–432. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1193%0Ahttps://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/download/1193/671
Wiarsih, C., Khasanah, R. U., & Ernawati, A. (2021). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Pada Karangan Narasi Menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (Puebi). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 310. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1126
Yuswanti. (2020). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar sswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten donggala. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.