Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SDN 1 Terong Tawah

Authors

  • dian luh suci kartikawati, Universitas Mataram
  • Hamdian Affandi PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Muhammad Syazali PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26077

Keywords:

Kata Kunci: Minat Baca, Buku Cerita Bergambar, Kemampuan Membaca

Abstract

Minat baca merupakan elemen penting dalam pengembangan literasi peserta didik
sejak dini. Namun rendahnya minat membaca peserta didik kelas III SDN 1 Terong
Tawah, yang ditandai dengan kurangnya motivasi dan keterlibatan mereka dalam
kegiatan membaca, mendorong perlunya inovasi dalam media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media buku cerita
bergambar terhadap peningkatan minat baca peserta didik. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest
Design . Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 1 Terong
Tawah yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan
angket minat baca. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan
Paired Sample T-Test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi
normal dan homogen, dengan nilai signifikansi uji normalitas masing-masing 0,075
dan 0,092 (> 0,05), serta homogenitas 0,087 (> 0,05). Uji Paired Sample T-Test
menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara hasil pretest dan posttest
dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05). Temuan ini membuktikan
bahwa penggunaan media buku cerita bergambar secara signifikan dapat
meningkatkan minat baca peserta didik. Dengan demikian, media buku cerita bergambar layak dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran untuk
menumbuhkan minat membaca sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi Tegarina Hardanti, A., & Puji Rahmawati, F. (2022). Peningkatan minat membaca menggunakan media cerita bergambar pada mata pelajaran 73 bahasa Indonesia siswa kelas 1 SD Negeri Bringin. In Educatif : Journal of Education Research4(3).http://pub.mykreatif.com/in dex.php/educatif. Hal 7

Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan minat baca dan kemampuan membaca peserta didik kelas rendah melalui penggunaan reading corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248. Hal 5

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif jean piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman: 13(1). Hal 11

Ngura, E. T., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2018). Pengembangan media buku cerita bergambar untukanak usia dini di Tk Maria Virgo Kabupaten Ende. 5(1), 14. Hal 8

Nurhayati, S., Haluti, F., Nurteti, L., Pilendia, D., Haryono, P., Hiremawati, A. D., Afrizawati., Nurmiati., Saidah, E. M., Bariah, S., Indiati, I., Sembiring, D. A. K., Herlina, H., Sulaiman. (2024). Buku Ajar Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Putri, A. R., Nurhasanah., Husniati. (2023). Pengaruh media buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 05 Berangan tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2548-6950. Hal 4

Suparlan. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan: 1(2). Hal 7

Sutarto. (2017). Teori Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: 1(2).

Tristanti, Z. A., Hikmat, A. (2021). Pengembangan media buku cerita bergambar terhadap minat membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(6), 6017-6024. Hal 11

Downloads

Published

2025-06-04