Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SDN 1 Terong Tawah
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26077Keywords:
Kata Kunci: Minat Baca, Buku Cerita Bergambar, Kemampuan MembacaAbstract
Minat baca merupakan elemen penting dalam pengembangan literasi peserta didik sejak dini. Namun rendahnya minat membaca peserta didik kelas III SDN 1 Terong Tawah, yang ditandai dengan kurangnya motivasi dan keterlibatan mereka dalam kegiatan membaca, mendorong perlunya inovasi dalam media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media buku cerita bergambar terhadap peningkatan minat baca peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-PosttestDesign . Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 1 Terong Tawah yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes danangket minat baca. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan Paired Sample T-Test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, dengan nilai signifikansi uji normalitas masing-masing 0,075 dan 0,092 (> 0,05), serta homogenitas 0,087 (> 0,05). Uji Paired Sample T-Testmenunjukkan adanya peningkatan signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05). Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan media buku cerita bergambar secara signifikan dapat meningkatkan minat baca peserta didik. Dengan demikian, media buku cerita bergambar layak dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan minat membaca sejak dini.Downloads
References
Dewi Tegarina Hardanti, A., & Puji Rahmawati, F. (2022). Peningkatan minat membaca menggunakan media cerita bergambar pada mata pelajaran 73 bahasa Indonesia siswa kelas 1 SD Negeri Bringin. In Educatif : Journal of Education Research4(3).http://pub.mykreatif.com/in dex.php/educatif. Hal 7
Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan minat baca dan kemampuan membaca peserta didik kelas rendah melalui penggunaan reading corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248. Hal 5
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif jean piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman: 13(1). Hal 11
Ngura, E. T., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2018). Pengembangan media buku cerita bergambar untukanak usia dini di Tk Maria Virgo Kabupaten Ende. 5(1), 14. Hal 8
Nurhayati, S., Haluti, F., Nurteti, L., Pilendia, D., Haryono, P., Hiremawati, A. D., Afrizawati., Nurmiati., Saidah, E. M., Bariah, S., Indiati, I., Sembiring, D. A. K., Herlina, H., Sulaiman. (2024). Buku Ajar Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Putri, A. R., Nurhasanah., Husniati. (2023). Pengaruh media buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 05 Berangan tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2548-6950. Hal 4
Suparlan. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan: 1(2). Hal 7
Sutarto. (2017). Teori Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: 1(2).
Tristanti, Z. A., Hikmat, A. (2021). Pengembangan media buku cerita bergambar terhadap minat membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(6), 6017-6024. Hal 11
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.