Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SDN 1 Terong Tawah
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26077Keywords:
Kata Kunci: Minat Baca, Buku Cerita Bergambar, Kemampuan MembacaAbstract
Minat baca merupakan elemen penting dalam pengembangan literasi peserta didik 
sejak dini. Namun rendahnya minat membaca peserta didik kelas III SDN 1 Terong 
Tawah, yang ditandai dengan kurangnya motivasi dan keterlibatan mereka dalam 
kegiatan membaca, mendorong perlunya inovasi dalam media pembelajaran. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media buku cerita 
bergambar terhadap peningkatan minat baca peserta didik. Penelitian ini 
menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest
Design . Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 1 Terong 
Tawah yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan
angket minat baca. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan 
Paired Sample T-Test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi 
normal dan homogen, dengan nilai signifikansi uji normalitas masing-masing 0,075 
dan 0,092 (> 0,05), serta homogenitas 0,087 (> 0,05). Uji Paired Sample T-Test
menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara hasil pretest dan posttest 
dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05). Temuan ini membuktikan 
bahwa penggunaan media buku cerita bergambar secara signifikan dapat 
meningkatkan minat baca peserta didik. Dengan demikian, media buku cerita bergambar layak dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran untuk 
menumbuhkan minat membaca sejak dini.
Downloads
References
Dewi Tegarina Hardanti, A., & Puji Rahmawati, F. (2022). Peningkatan minat membaca menggunakan media cerita bergambar pada mata pelajaran 73 bahasa Indonesia siswa kelas 1 SD Negeri Bringin. In Educatif : Journal of Education Research4(3).http://pub.mykreatif.com/in dex.php/educatif. Hal 7
Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan minat baca dan kemampuan membaca peserta didik kelas rendah melalui penggunaan reading corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248. Hal 5
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif jean piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman: 13(1). Hal 11
Ngura, E. T., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2018). Pengembangan media buku cerita bergambar untukanak usia dini di Tk Maria Virgo Kabupaten Ende. 5(1), 14. Hal 8
Nurhayati, S., Haluti, F., Nurteti, L., Pilendia, D., Haryono, P., Hiremawati, A. D., Afrizawati., Nurmiati., Saidah, E. M., Bariah, S., Indiati, I., Sembiring, D. A. K., Herlina, H., Sulaiman. (2024). Buku Ajar Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Putri, A. R., Nurhasanah., Husniati. (2023). Pengaruh media buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 05 Berangan tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2548-6950. Hal 4
Suparlan. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan: 1(2). Hal 7
Sutarto. (2017). Teori Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: 1(2).
Tristanti, Z. A., Hikmat, A. (2021). Pengembangan media buku cerita bergambar terhadap minat membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(6), 6017-6024. Hal 11
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							
















