Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas yang Dimodifikasi terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik SDN 3 Gondang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27329Keywords:
Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Yang Dimodifikasi, Hasil Belajar, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik di SDN 3 Gondang akibat dari penerapan model pembelajaran kooperatif learning. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri bebas yang dimodifikasi terhadap hasil belajar IPAS peserta didik SDN 3 Gondang pada topik pada Materi topik A kelas V tentang "Bagaimana Bernapas Membantuku Melakukan Aktivitas Sehari-hari?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental (nonequivalent control group design). Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 Gondang yang terdiri dari 49 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri bebas yang dimodifikasi memperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 83,20 dan pada kelas kontrol yaitu 79,20 dalam pelaksanaan post-test. Pada pelaksanaan uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan hasil yaitu t_hitung =3,306 > t_(tabel )=1,678 sehingga dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri bebas yang dimodifikasi terhadap hasil belajar IPAS peserta didik SDN 3 Gondang.Downloads
References
Bayan, W. S. (2022). Penerapan
Model Modified Free Inqury
Terhadap Peningkatan Hasil
Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri
7 Halmahera Barat Pada Materi
Reaksi Redoks (Skripsi),
Universitas Khairun, Maluku.
Dewantari, J., Rusnayati, H., &
Suwarma, I. R. (2023). Pengaruh
model pembelajaran modified free
inquiry terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa pada
pembelajaran fisika. In Prosiding
SNPF (Seminar Nasional
Pendidikan Fisika).
Budi, A. S. (2023). Pengaruh Model
Pembelajaran Modified Free
Inquiry (MFI) Terhadap
Kemampuan Berpikir Analisis
Peserta Didik Pada Materi
Pencemaran Lingkungan (Skripsi),
Universitas Negeri Jakarta,
Jakarta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D,
Bandung: Alfabeta.
Nurhadi, N., Zural, M. M., & Oktafially,
D. (2024). Pengembangan
Penuntun Praktikum Pada Materi
Sel dan Pelintasan Zat Melalui
Membran Kelas XI SMA/MA
dengan Pendekatan Inkuiri Bebas
Dimodifikasi. Bioscientist: Jurnal
Ilmiah Biologi, 12(2), 1721-1733.
Putri, F. A., Akmal, J., & Gusmaneli, G.
(2024). Prinsip-prinsip dan Teori-
teori belajar dalam pembelajaran.
Jurnal Budi Pekerti Agama Islam,
2(2), 332-349.
Nadhifah, I., Shifa, L., Al-Hasan, F. T.,
& Anbiya, B. F. (2025). Peran teori
kognitivisme dalam meningkatkan
proses pembelajaran PAI. Jurnal
Teknologi Pendidikan, 5(1).
Ummah, A. K. Komparasi model
inkuiri bebas termodifikasi dan
inkuiri terbimbing berbasis STEM
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.