Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas yang Dimodifikasi terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik SDN 3 Gondang

Authors

  • Damma Silena Putra Universitas Mataram
  • Khairun Nisa , Muhammad Syazali Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27329

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Yang Dimodifikasi, Hasil Belajar, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik di SDN 3 Gondang akibat dari penerapan model pembelajaran kooperatif learning. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri bebas yang dimodifikasi terhadap hasil belajar IPAS peserta didik SDN 3 Gondang pada topik pada Materi topik A kelas V tentang "Bagaimana Bernapas Membantuku Melakukan Aktivitas Sehari-hari?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental (nonequivalent control group design). Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 Gondang yang terdiri dari 49 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar peserta didik  dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri bebas yang dimodifikasi memperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 83,20 dan pada kelas kontrol yaitu 79,20 dalam pelaksanaan post-test. Pada pelaksanaan uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan hasil yaitu t_hitung =3,306  > t_(tabel  )=1,678 sehingga dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri bebas yang dimodifikasi terhadap hasil belajar IPAS peserta didik SDN 3 Gondang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bayan, W. S. (2022). Penerapan

Model Modified Free Inqury

Terhadap Peningkatan Hasil

Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri

7 Halmahera Barat Pada Materi

Reaksi Redoks (Skripsi),

Universitas Khairun, Maluku.

Dewantari, J., Rusnayati, H., &

Suwarma, I. R. (2023). Pengaruh

model pembelajaran modified free

inquiry terhadap kemampuan

berpikir kritis siswa pada

pembelajaran fisika. In Prosiding

SNPF (Seminar Nasional

Pendidikan Fisika).

Budi, A. S. (2023). Pengaruh Model

Pembelajaran Modified Free

Inquiry (MFI) Terhadap

Kemampuan Berpikir Analisis

Peserta Didik Pada Materi

Pencemaran Lingkungan (Skripsi),

Universitas Negeri Jakarta,

Jakarta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D,

Bandung: Alfabeta.

Nurhadi, N., Zural, M. M., & Oktafially,

D. (2024). Pengembangan

Penuntun Praktikum Pada Materi

Sel dan Pelintasan Zat Melalui

Membran Kelas XI SMA/MA

dengan Pendekatan Inkuiri Bebas

Dimodifikasi. Bioscientist: Jurnal

Ilmiah Biologi, 12(2), 1721-1733.

Putri, F. A., Akmal, J., & Gusmaneli, G.

(2024). Prinsip-prinsip dan Teori-

teori belajar dalam pembelajaran.

Jurnal Budi Pekerti Agama Islam,

2(2), 332-349.

Nadhifah, I., Shifa, L., Al-Hasan, F. T.,

& Anbiya, B. F. (2025). Peran teori

kognitivisme dalam meningkatkan

proses pembelajaran PAI. Jurnal

Teknologi Pendidikan, 5(1).

Ummah, A. K. Komparasi model

inkuiri bebas termodifikasi dan

inkuiri terbimbing berbasis STEM

Downloads

Published

2025-07-02