ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV DI SDN 09 CIPINANG BESAR UTARA

Authors

  • Dilla Nurul Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta
  • Juhana Sakmal Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26248

Keywords:

Civic Education, Teams Games Tournament (TGT), learning outcomes, cooperative learning, elementary school.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IVB SDN 09 Cipinang Besar Utara Jakarta. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih konvensional dan kurang melibatkan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berkhasiat dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 72,03 sebelum penerapan menjadi 89,67 setelah penerapan model TGT. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 38,7% menjadi 91%. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa 94% siswa merasa senang terhadap pembelajaran dengan menggunakan model TGT. Dengan demikian, model pembelajaran TGT terbukti mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DeVries, D. L., I.T, Shachman, and S.L. 1975. “Teams-Games-Tournament in the Elementary Classroom: A Replication.” Johns Hopkins University Press (190).

Ferdino, Muhammad Farhan, and Muhammad Sirozi. 2025. “DAMPAK EKONOMI NEOLIBERAL TERHADAP SISTEM DAN TATA KELOLA PENDIDIKAN DI INDONESIA.”

Habibah, Aulia Hindun, and Moh Fathurrahman. 2025. “Analisis Penerapan Model Pembelajaran pada Modul Ajar Pendidikan Pancasila SDN 1 Purwosari Kabupaten Blora.” 7.

Linda Zakiah. 2020. “Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 32(1):30–52. doi:10.21009/parameter.321.03.

Mahmud, Siti Awaliyah, and Edi Suhartono. 2023. Literasi Pancasila: Inovasi Praktis Pembelajaran PPendidikan Pancasila. Penerbit P4I.

Nur, Muhammad. 2023. “MENINGKATAN HASIL BELAJAR M ATERI PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT MENGGUNAKAN MEDIA TABEL KONVERSI SATUAN PADA SISWA KELAS II B SD NEGERI 016 TANJUNGPINANG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022.” Vol. (1).

Permendikbudristek. 2022. “Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.”

Putri, Yulia Melinda, Erika Septianing Rustianti, Susilo Tri Widodo, Nur Indah, and Risky Nur Aryanti. 2023. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI PERUMUSAN DAN PENETAPAN DASAR NEGARA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF SDN KEBOLAMPANG.” 09.

Qomaruddin, Qomaruddin, and Halimah Sa’diyah. 2024. “Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman.” Journal of Management, Accounting, and Administration 1(2):77–84. doi:10.52620/jomaa.v1i2.93.

Schulz, Wolfram, and John Ainley. 2023. “Citizenship Education in Times of Global Challenge.” November.

Schulz, Wolfram, John Ainley, Julian Fraillon, Bruno Losito, Gabriella Agrusti, Valeria Damiani, and Tim Friedman. 2025. Education for Citizenship in Times of Global Challenge: IEA International Civic and Citizenship Education Study 2022 International Report. Cham: Springer Nature Switzerland.

Slavin, E. Robert. 1987. “Using Student Team Learning: Johns Hopkins Team Learning Project.” Johns Hopkins University Press.

Slavin, E. Robert. 1995. “Cooperative Learning Theory, Research and Practice Massachusett.” USA: Allymand Dan Bacon.

Sugiyono, Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Wahid, Lalu Abdurahman, and Tasman Hamami. 2021. “Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Dan Strategi Pengembangannya Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan.” 8(1):23–26.

Zakiah, Linda. 2017. “HUBUNGAN KEAKTIFAN DALAM KEGIATAN PRAMUKA DAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR 8.

Zakiah, Linda, and Arita Marini. 2023. “Teachers’ Strategies in Teaching Social Tolerance to Elementary School Students in Jakarta, Indonesia.”

Zakiah, Linda, Sakardi, Komarudin, Asep Rudi Casmanas, and Kusmawati. 2023. “Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa.” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) 5:84–90. doi:10.33884/psnistek.v5i.8067.

Zakiah, Linda, Sakardi, Arita Marini, Asep Rudi Casmanas, Adistyana, and Kusmawati. 2023. “Implementation of Teaching Multicultural Values Through Civic Education for Elementary School Students.” 110–42.

Downloads

Published

2025-06-06