SURVEI FAKTOR KESULITAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wynne Stevania Iryani Universitas Negeri Jakarta
  • Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13266

Keywords:

Writing Difficulty Factors, Bahasa Indonesia, Elementary School, Faktor Kesulitan Menulis, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Abstract

Education is key in facing the changes of time, yet the issue of illiteracy still prevails in Indonesia. Bahasa Indonesia plays a crucial role in education, especially in developing students' writing skills in elementary school. This research employs a survey method to identify the factors contributing to low writing proficiency among elementary school students. The findings indicate that intellectual, psychological, and environmental factors play significant roles. Holistic and inclusive teaching strategies, along with increased support for educators, are necessary to enhance students' writing abilities at the elementary school level. Pendidikan adalah kunci dalam menghadapi perubahan zaman, tetapi masalah buta aksara masih merajalela di Indonesia. Bahasa Indonesia memegang peran penting dalam pendidikan, terutama dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode survei untuk mengidentifikasi faktor-faktor kesulitan menulis siswa kelas rendah. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor intelektual, psikologis, dan lingkungan memainkan peran penting. Diperlukan strategi pembelajaran yang holistik dan inklusif serta peningkatan dukungan bagi pendidik untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa di tingkat Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360-7367. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3519

Igo, L., Nurlaila, M., & Suardin, S. (2023). Analisis Kesulitan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Mole di Kabupaten Wakatobi. Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 248-256. http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/penuhasa/article/view/3838

Nabila, S., Azhar, A. P., & Sumiyani, S. (2023). ANALISIS KESULITAN MENULIS SISWA KELAS RENDAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SDN PETIR 4. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3366-3376. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10433

Prismatuti, N. A. N. S., Kasanah, N., Halim, R. L., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5262-5275. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13219

Liputan6.com, 2017, 3,4 Juta Warga Indonesia Belum Bisa Baca Tulis. https://www.liputan6.com/amp/3090080/34-juta-warga-indonesia-belum-bisa-baca-tulis

Downloads

Published

2024-04-18

Most read articles by the same author(s)