TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Regita Pramesti Harianto Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta
  • M. Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13197

Keywords:

Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Kedisiplinan belajar dan prestasi belajar adalah hal yang sangat penting dalam konteks pendidikan. Kedisiplinan belajar merupakan sikap siswa dalam mengendalikan diri terhadap aturan dan tata tertib yang berlaku, yang diterapkan secara sadar oleh mereka sebagai tanggung jawab sebagai siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana tingkat kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis survei dengan instrumen kuisioner. Hasil dari penelitian ini diperoleh tingkat kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa dengan rata-rata skor 80% termasuk dalam kategori sangat baik. Kedisiplinan memiliki dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar, untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik maka diperlukan kedisiplinan dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnawi, & Arifin, M. (2014). Kinerja Guru Profesional. Jogyakarta : Ar Ruzz Media.

Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Eka Septi Handayani dan Hani Subakti, (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar,” Jurnal BASICEDU, Vol. 5 No. 1 ,(2021): 163, p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147.

Hasibuan, H. Malayu. S. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Lathifah Al Khumaero dan Sandy Arief. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Economic Education Analysis, Vol. 6 No. 3, (Oktober 2017): 709.

Linda, Z. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PPKN SD. JPD - Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 11 No 02 (2020).

Muh W., Agustono, dan Kuntadi, C. (2023). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Prestasi Belajar Taruna: Disiplin Belajar, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar. JEMSI: Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi.

Muhammad Iqbal, Amirrudin, Mimun Nusufi (2016) Tingkat Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Smp Negeri 13 Banda Aceh.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

Mutiara, S., & Quratul Ain, S. (2021). Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, Volume 5 Nomor 5 Tahun 2021 Halaman 4045-4052.

Pebrianti, D. Suhendri, dan Yulianti, P. D. (2022). Tingkat Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMK Palebon Semarang. Jurnal Guiding World Vol. 05 No.02. November 2022: Hal 08-15.

Primadini, R. P. (2021). HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV DI SD NEGERI 6 PENENGAHAN BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Riwana, P. P. (2021). Kedisiplinan Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran di SMK N 6 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021 Halaman 4349-4357.

Rostiati, I. (2019). PENGARUH KEDISIPLIN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 07 KABUPATEN SELUMA. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU.

Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di Sdn 55/I Sridadi. Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 127–144. Retrieved from https://onlinejournal.unja.ac.id/gentala/article/view/6777.

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (SNISTEK) 5 Tahun 2023.

Saroji, Widyayanti, N., & Ama, R. G. T. (2021). Kesadaran Diri dan Kedisiplinan Belajar pada Siswa SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 1–9.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya,5th ed. Jakarta: PT Rineka Cipta,2010.

Subianto, J. (2013). PERAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERKUALITAS. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2, Agustus 2013.

Sugianto, I., Suryandari, S. dan Age, L. D. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI RUMAH. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.1No.3 Agustus 2020.

Syaiful B. D. (2011). Psikologi Belajar,(Jakarta: PT. Rineka Cipta,2011).

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT.Grasindo.

Yuliantika, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X, XI, DAN XII DI SMA BHAKTI YASA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Volume 9 No.1 Tahun: 2017.

Downloads

Published

2024-04-08

Most read articles by the same author(s)