Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Model Pembelajaran Team Games Tournament di Kelas VIII.3
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.26310Keywords:
Motivasi belajar, Team Games Tournament, PPKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VIII.3 SMP Negeri 26 Palembang. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik, yang tercermin dari kurangnya partisipasi, rendahnya semangat belajar, serta lemahnya kerja sama dalam kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar secara signifikan. Pada pra-siklus, hanya 37,5% peserta didik yang menunjukkan motivasi tinggi. Setelah siklus I, meningkat menjadi 59,4%, dan pada siklus II mencapai 84,3%. Temuan ini menunjukkan bahwa model TGT efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan kompetitif secara sehat. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model TGT sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat dikembangkan lebih lanjut dengan pendekatan lain untuk hasil yang lebih menyeluruh.Downloads
References
Elvira, N. Z., & Nirwana, H. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767
Hasanah, U., Wijayanti, R., Metty Liesdiani, dan, Pendidikan Matematika, P., & PGRI Bangkalan, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya
Hesti Nurhayati, B. R. E. M. (n.d.). Hesti Nurhayati, Babang Robandi, Effy Mulyasari. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.3139/http
Ihsan Dacholfany, M., Abdul Azis, A., Zulhayana, S., Ahmad, R., Bay, W., Mokodenseho, S., Metro, M., Khozinatul Ulum Blora, I., & Budidaya Binjai, S. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Masyarakat Melalui Program Pelatihan dan Bimbingan Studi. Easta Journal of Innovative Community Services, 1(03), 129–141. https://doi.org/10.58812/ejincs.v1.i03
Indah Sari. (2018). MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN DALAM PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBICARA (SPEAKING) BAHASA INGGRIS. Jurnal Manajemen Tools, Vol. 9.
Mufida, H. A., & Nurtjahyani, S. D. (2024). DINAMIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT): STUDI KASUS PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI DI SEKOLAH DASAR.
Mumpuni Putri, N., & Rustiati Ridwan, I. (2021). Implementasi Model Kooperatif Tipe TGT dalam Pembelajaran IPS Tema Keberagaman Suku Bangsa di Indonesia di SDN Cijengkol 01 Article Info (Vol. 1, Issue 1). https://ejournal.upi.edu/index.php/didaktika
Saefullah Zevender, P., Rohmawati, L., Nur Afifah, V., & Ekonomi, P. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 8(Tahun), 116–125.
Tambusai, J. P., Jhon, L., & Alfiandra, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran PPkn di SMP Negeri 33 Palembang.
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.