Analisis Proses Pembelajaran IPAS Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas V di SDIT Ar-Rissalah

Authors

  • Siti Keysa Ikrimah Universitas Negeri Jakarta
  • Indah Wardatussa'idah Universitas Negeri Jakarta
  • Chrisnaji Banindra Yudha Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26886

Keywords:

Learning Process, IPAS, Scientific Approach.

Abstract

Penelitian ini didorong oleh kebutuhan peningkatan kualitas pembelajaran IPAS di era pendidikan abad ke-21 melalui penerapan pendekatan saintifik yang inovatif. Sebagai mata pelajaran yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan alam dan sosial, IPAS memiliki peran strategis dalam membentuk literasi sains dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran IPAS melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas V SDIT Ar-Rissalah dengan menyoroti aspek perencanaan dan pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi nonpartisipan, wawancara mendalam dengan guru, dan analisis dokumen Modul Ajar. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan untuk menggambarkan implementasi pendekatan saintifik secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran telah mengintegrasikan lima tahapan pendekatan saintifik—mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan—melalui metode seperti Think-Pair-Share, diskusi, dan tanya jawab. Pelaksanaan pembelajaran pada tahap inti berlangsung optimal, terutama melalui pengamatan langsung terhadap kegiatan ekonomi di lingkungan sekolah. Namun, terdapat kelemahan pada aspek evaluasi, di mana penilaian dilakukan secara subjektif dengan umpan balik verbal tanpa adanya rubrik terstruktur, serta strategi tindak lanjut berupa remedial dan pengayaan belum diimplementasikan secara eksplisit. Kesimpulannya, meskipun penerapan pendekatan saintifik telah mendukung proses pembelajaran IPAS, perbaikan pada sistem evaluasi dan pengembangan strategi remedial serta pengayaan diperlukan guna mencapai pencapaian kompetensi siswa yang lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Dewi, and Ghullam Hamdu. 2021. “Analisis Rubrik Penilaian Berbasis Education for Sustainable Development Dan Konteks Berpikir Sistem Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4):1326–36. doi: 10.31004/edukatif.v3i4.514.

Arikunto, S. 1983. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT. Bina Aksara, Jakarta.

Bogdan, R., and S. K. Biklen. 1992. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon.

Creswell, J. W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Addison Wesley.

Diani, Eva Riantika, Nuris Ainun Najib, and Putri Wahyuningsih. 2023. “Konsep Remedial Dan Pengayaan Sebagai Upaya Tindak Lanjut Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Prinsip Mastery Learning.” JIT: Jurnal Ilmu Tarbiyah 1(1):37–48.

Dr. H. Salim, M. P. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, Dan Jenis. Kencana.

Hamid, Nugroho. 2019. “Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kabupaten Ketapang.” TanjungPura, Pontianak 32.

Kurniawati, Erni. 2022. “Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 Pada Materi Kemandirian Karir Peserta Didik Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Di SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal.” Cakrawala: Jurnal Pendidikan 9300(1):113–18. doi: 10.24905/cakrawala.vi0.173.

Lestari, E. T. 2020. Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Deepublish.

Miles, M. B., A. M. Huberman, and J. Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.

Mulyasa, H. E., and B. Aksara. 2021. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi: Dalam Era Industri 4.0. BUMI AKSARA.

Putra, Jimi Eka, and Zainal Abidin. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.” E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar 10(3):1. doi: 10.24036/e-jipsd.v10i3.10482.

Rostika, Deti, and Prihantini Prihantini. 2019. “Pemahaman Guru Tentang Pendekatan Saintifik Dan Implikasinya Dalam Penerapan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 11(1):86. doi: 10.17509/eh.v11i1.14443.

Srirahmawati, Anjar, Tyas Deviana, and Septiana Kusuma Wardani. 2023. “Peningkatan Keterampilan Abad 21 (6C) Siswa Kelas Iv Sekolah Melalui Model Project Based Learning Kurikulum Merdeka.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08:5284.

Sugih, Sri, Lutfi Maula, and Irna Nurmeta. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4:599–603. doi: 10.51494/jpdf.v4i2.952.

Sugiyono, Prof Dr. 2019. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S. Pd.” ALFABETA, Cv.

Suryadi, Edy. 2010. “Model Komunikasi Efektif Bagi Perkembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Anak.” Jurnal Ilmu Komunikasi 8(4):3.

Suwandi. 2019. “Efektivitas Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Otentik Dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Smkn 1 Bogor.” 6(2):1–25.

Tazkirah, Siti, Rohani Rohani, Rini Purnama, Edy Subyanto, and Ilham Ilham. 2024. “Strategi Remedial Dan Pengayaan Sebagai Tindak Lanjut Assesmen Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Darul Furqan Kota Bima.” Action Research Journal Indonesia (ARJI) 6. doi: 10.61227/arji.v6i4.239.

Utami, Dwi. 2018. “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Adiwiyata.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 26(7):2–9.

Utami, R. N., A. Apriyanto, J. Z. Z. Panggabean, R. Rusli, M. A. Malik, M. B, E. Efitra, and N. Safitri. 2025. Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wahib, Abd. 2021. “Manajemen Evaluasi Program Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3:91–104. doi: 10.36835/au.v3i1.512.

Yuliana, Vika, Jimmi Copriady, and Maria Erna. 2023. “Pengembangan E-Modul Kimia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Laju Reaksi.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 17(1):1–12.

Downloads

Published

2025-07-02

Most read articles by the same author(s)