UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR MANIPULATIF MELALUI PERMAINAN BOLA HALILINTAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27197Keywords:
Kata Kunci: pembelajaran pjok, gerak dasar manipulatif, permainan bola halilintarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan gerak dasar manipulatif pada siswa kelas V-B di SD Negeri Babatan IV/459 Surabaya dengan menggunakan permainan bola halilintar. Sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif bersama guru PJOK. Tahapan proses penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yang memiliki empat kegiatan utama: perencanaan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi, sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif selama pelaksanaan tes dari setiap siklus, dengan hasil yang disajikan berupa deskripsi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus siswa menunjukkan rata-rata persentase sebesar 45%, pada siklus I mendapatkan rata-rata persentase 62%, dan pada siklus II mendapatkan rata-rata sebesar 83% yang berarti sudah memenuhi target yang diinginkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil tersebut, penerapan permainan bola halilintar dapat meningkatkan gerak dasar manipulatif pada pembelajaran PJOK.Downloads
References
Aldiansyah, R., & Asriansyah. (2020). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 51 PALEMBANG. Jurnal Halaman Olahraga Nusantara, 3(I), 9–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3738
Aliriad, H. (2023). Analisis Konsep Permainan Tradisional dan Implementasinya dalam Pendidikan Olahraga. Jurnal Menssana, 8(1), 52–61. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/MensSana.08012023.07
Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752
Budiwati, R., Wulandari, M. D., & Darsinah. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 394–402. https://doi.org/10.5281/zenodo.6962646
Chen, J., Wang, X., & Chen, W. (2021). Skill Competency in Elementary School Students. Children, 8(517), 1–10. https://doi.org/10.3390/children8060517
Hamid, F., & Desranto, A. F. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Gerak Manipulatif Siswa SD Muhammadiyah Nganjuk. Phedheral, 19(1), 51–57. https://doi.org/10.20961/phduns.v19i1.62538
Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 21. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175
Kustria, K., Lanang, G., Parwata, A., & Spyanawati, P. (2020). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Jasmani Pada Siswa SMA di Kecamatan Rendang. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 12–20. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646
Padang, A. K. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Gerak Manipulatif Siswa Kelas V SD Angkasa 2 Kota Padang. 2(4), 9–19. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ikeor.v2i4.94
Permana, R., Nugraha, M. F., Pratiwi, A. S., Hendrawan, B., Nurfitriani, M., & Shaleh, Y. T. (2018). Sosialisasi Olahraga Tradisional Untuk Meningkatkan Kebugaran Dan Minat Siswa SD Terhadap Pembelajaran Olahraga di Wilayah Kecamatan Tamansari. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6.
Polevoy, G. G. (2022). Development to Adapt and Rebuild Motor Actions of Children Aged 8-9 Years Using a Coordination Ladder. Archives of Pharmacy Practice, 13(3), 112–115. https://doi.org/10.51847/ydf12geliv
Putri, A. A., Ridhwan, A. S. N., Zahra, F. R., Handayani, N. A., Maharani, N. F., Rahmadini, R., & Mulyana, A. (2024). MENUMBUHKAN MINAT DAN KETERAMPILAN BEROLAHRAGA MELALUI PEMBELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2750–2762. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1161
Sagita, A., Wahyudin, E., Latiefah, L., Ramdhan, R. M., & Padilah, T. (2023). Strategi Membangun Kolaborasi Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 48–56.
Scheuer, C., Bund, A., Becker, W., & Herrmann, C. (2017). Development and validation of a survey instrument for detecting basic motor competencies in elementary school children. Cogent Education, 4(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1337544
Setyawan, D. A., Hadi, H., & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Penjakora, 5(1), 17–27. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i1.14496
Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. UPI Sumedang Pers.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 02(01), 29–39. https://doi.org/https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Wälti, M., Seelig, H., Adamakis, M., Colella, D., Emeljanovas, A., Gerlach, E., Kossyva, I., Labudová, J., Masaryková, D., Miežienė, B., Mombarg, R., Monacis, D., Niederkofler, B., Onofre, M., Pühse, U., Quitério, A., Sallen, J., Scheuer, C., Vlček, P., … Herrmann, C. (2023). Investigating levels and determinants of primary school children’s basic motor competencies in nine European countries. Zeitschrift Für Grundschulforschung, 16(1), 113–133. https://doi.org/10.1007/s42278-022-00155-w
Widowati, A., & Decheline, G. (2023). “Implikasi Permainan Tradisional Modifikasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Siswa Kelas Bawah di SD 190/V Kuala Tungkal.” Unimuda Sport Jurnal, 4(1), 33–36. https://doi.org/10.36232
Wijaya, I. G. C. A., Mujtahidin, A. H., & Ridwan, M. (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK MANIPULATIF MELALUI PERMAINAN LEMPAR TANGKAP BOLA KELAS IVA UPT SD 168 GRESIK. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5772–5780. https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.