PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, DUKUNGAN ORANG TUA, FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MTsN 4 PASAMAN

Penelitian Deskriptif

Authors

  • Nofria Elisa Universitas PGRI Sumbar
  • Dina Amaluis Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Stevani Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27305

Keywords:

Pengaruh 1, Dukungan 2, Disiplin Belajar 3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kemandirian belajar, Dukungan orang tua dan Fasilitas belajar terhadap disiplin belajar, Mengetahui Pengaruh kemandirian belajar, Dukungna orang tua, Fasilitas belajar dan Disiplin belajar terhadap motivasi belajar, Mengetahui Pengaruh kemandirian, Dukungan orang tua, Fasilitas belajar, Disiplin belajar dan Motivasi belajar belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN 4 Pasaman yang berjumlah 177 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan digunakan uji analisis jalur dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F dan uji bertingkat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap disiplin belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,358 nilai thitung sebesar 4,658 >ttabel 1,658, 2) Terdapat pengaruh dukungan orang tua terhadap disiplin belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,184 nilai thitung sebesar 1,770 >ttabel 1,658, 3) Terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap disiplin belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,332 nilai thitung sebesar 3,274 >ttabel 1,658, 4) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,457 nilai thitung sebesar 5,799 >ttabel 1,658, 5) Tidak terdapat pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,004 nilai thitung sebesar 0,044 <ttabel 1,658, 6) Tidak terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,152 nilai thitung sebesar 1,529 <ttabel 1,658 7) Terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,288 nilai thitung sebesar 3,324 >ttabel 1,658 8) Tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,131 nilai thitung sebesar 0,931 <ttabel 1,658, 9) Terdapat pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,411 nilai thitung sebesar 2,646 >ttabel 1,658, 10) Tidak terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,049 nilai thitung sebesar 0,312 <ttabel 1,658, 11) Tidak terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar -0,090 nilai thitung sebesar 0,635 <ttabel 1,658, 12) Terdapat pengaruh motivasi belajar tehadap prestasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar -0,351 nilai thitung sebesar -2,421 >ttabel 1,658.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, N. W., Pujiawati, M., & Triastuti, Y. (2022). Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Pembelajaran dalam Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa selama Masa Pandemi COVID-19. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2), 145–154.

Farliana, N., Setiaji, K., & Muktiningsih, S. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Diintervening Motivasi Belajar E-learning Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 56. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.16252

Hapsari.W.E, (2021), Parental Involment And Students Motivation In Learning: A Review Of Literature, Jurnal Intelegensia, 6(2), 50-59. https://doi.org/10.37366/master.v2i2.472

Hidayat, M. (2017). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas Ix Ips Di Man Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 103. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p103-114

Lestari, E. D. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Kompetensi Sosial Guru, Dan Kesiapan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23.

Matsani, N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Peran Kemandirian Belajar dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 9. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33910

Murniatin, & Abdullah Hadziq. (2022). The Effect of Learning Facilities and Learning Motivation on Student Learning Discipline. Jurnal Fahima, 1(2), 85–102.

Rengkuan, N., Liando, D., & Monintja, D. (2023). Efektifitas Kinerja Pemerintah Dalam Progam Reaksi Respon Realief Daerah (R3D) di Kabupaten Minahasa. Jurnal Governance, 3(1), 1–11.

Rosalina, E., & Yamlean, M. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Sosial Sains, 1(9), 1002–1011. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i9.196

Rusni, A. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Sales Promotion Terhadap Impulsive Buying Pada Konsumen Alfamart Batu Alang Kecamatan Moyo Hulu Sumbawa. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 1–8.

Syafrianti.T, dkk (2021), Pengaruh Kemandirian Belajar, Pola asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa Di MAN 1 Dumai, Jurnal Wibawa, 1(1) https://doi.org/10.57113/wib.v1i1.69

Sahputra, D., & Hutasuhut, D. H. (2019). Kontribusi Dukungan Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(1), 35–39. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i1.1216

Sidabutar, M. A. (2023). Pengaruh Dukungan Orang Tua Dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Smp Negeri 6 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022 / 2023. 1(2), 556–570.

Stevani (2015). Analisis Disiplin Kerja Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di Smp N 8 Padang. Economica, 4(1), 102–108. https://doi.org/10.22202/economica.2015.v4.i1.625

Sunadi, L. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–19.

Wahab, V., Rahman, N., & Fitri, M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Maumere. Economics and Education Journal (Ecoducation), 3(1), 63–72. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v3i1.1182

Widodo. (2021). Konsep Kurikulum Pendidikan Islam. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.88

Downloads

Published

2025-06-26